Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Japan Mobility Show 2023

First Drive Honda HR-V Listrik di Jepang, Dugaan Salah!

Billy - Selasa, 31 Oktober 2023 | 07:13 WIB
Gridoto bersama Tetsuya Mitani, Large Product Leader (LPL) R&D centre Honda Motor(China). Kepala proyek SUV e:N
Istimewa
Gridoto bersama Tetsuya Mitani, Large Product Leader (LPL) R&D centre Honda Motor(China). Kepala proyek SUV e:N

Gridoto.com - Japan Mobility Show(JMS) 2023 (26/10) lalu sungguh padat. Namun disela-sela event itu, saya berkesempatan meluncur ke proving ground R&D Honda di Tochigi, Jepang.

Sampai di test track berupa lintasan lurus dan oval tampak sosok sepintas mirip Honda HR-V di Tanah air. Saya akhirnya mendapat keterangan lengkap soal sosok 'Honda HR-V listrik'. Bahkan bertemu kepala tim pembuatnya, buka-bukan soal spesifikasi.

Ini bukan HR-V. "e:N ini sama sekali platform baru," terang Tetsuya Mitani, Large Product Leader (LPL) R&D centre Honda Motor(China). Jadi dugaan awal saya salah dan ada beberapa dugaan lain.

Pengembangan 'HR-V listrik' ini memang di China. Bernama asli Honda e:N full BEV. Kode e:Ny1 untuk Eropa, e:NP1 dan e:NS1 untuk China. Semua dibuat di China dan dipasarkan seharga Rp 500 jutaan. Juga sudah dijual di Eropa dengan harga sekitar Rp 700-800 jutaan

Platform yang dipakai si e:N merupakan tipe terkini yang akan dipakai 30 BEV Honda e:N pada 2030.

Saya bergegas masuk ke kabin e:N yang masuk kelas B segment ini dengan harga (harusnya) terjangkau. Driver pace car di depan memberitahu untuk mengikuti. "Kecepatan jangan lebih 80 km/jam dan dapat jatah 3 lap," tambah pria dibalik kemudi Honda Civic EV itu.

Bodinya sepintas mirif HR-V tapi ini platformnya baru. Interior lega dengan pandangan luas
Billy
Bodinya sepintas mirif HR-V tapi ini platformnya baru. Interior lega dengan pandangan luas

Buka pintu, pandangan langsung ke centre panel advanced intelegent seperti layar 15.1 inchi dan 10.25 inchi full TFT visor less meter. Bagus dan informatif.

Civic di depan bergerak, saya juga mulai gas. Terdengar suara khas motor listrik bekerja. Yang saya rasakan adalah torsi motor listriknya smooth banget. Dugaan salah yang kedua. Gak ada ajrut-ajrutan atau menyentak ditarikan bawah-menengah.

e:N ini dirancang untuk fun to drive. Berkat motor listrik baru dan baterai desain terbaru. Lantas adapula fitur drive mode : ECO/NORMAL/SPORT dan tuas deselerasi.

Editor : Pilot

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa