Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gagal Punya Toyota Hilux dari Facebook, Warga Jaksel Malah Dibikin Boncos Rp 110 Juta

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 22 September 2023 | 15:15 WIB
Pelaku penipuan jual beli mobil di Facebook berinisial DSP diamankan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023). Pelaku menipu seorang warga Jaksel yang berminat membeli Toyota Hilux.
Kompas.com/Dzaky Nurcahyo
Pelaku penipuan jual beli mobil di Facebook berinisial DSP diamankan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023). Pelaku menipu seorang warga Jaksel yang berminat membeli Toyota Hilux.

GridOto.com - Aksi penipuan jual-beli mobil di media sosial Facebook memakan korban seorang warga Jakarta Selatan (Jaksel).

Diketahui korban saat itu tertarik membeli satu unit Toyota Hilux yang diiklankan pelaku penipuan di Marketplace Facebook.

Dengan modus kejahatan yang dijalankannya, sang korban tidak sampai ragu menransfer uang sebanyak Rp 110 juta kepada pelaku berinisial DSP.

Terkait modus kejahatan yang dilakukan DSP ini, Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi mengatakan, pelaku mulanya melihat sebuah iklan Toyota Hilux dijual di Facebook pada 10 September 2023.

DSP kemudian menghubungi pemilik Toyota Hilux tersebut dan menyatakan berminat untuk membeli unitnya.

"Dia (DSP) minta dikirimkan foto-foto mobilnya berikut dengan surat-surat kelengkapan kendaraannya itu pada tanggal 10 September 2023," kata Yossi, dikutip dari TribunJakarta.com, Rabu (20/9/2023).

Selanjutnya, pelaku memposting foto mobil beserta surat-surat kendaraan di akun Facebook fiktif yang dibeli dari temannya seharga Rp 10 ribu.

"Dalam postingannya, pelaku menuliskan harga Toyota Hilux tersebut senilai Rp 135 juta," lanjut Yossi.

Tak lama setelah iklan jual beli mobil itu diposting, korban berinisial AAS tertarik untuk membeli dan menghubungi pelaku.

Baca Juga: Penipuan Berkedok Lelang Mobil Online, Begini Cara Menghindarinya

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunJakarta.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa