Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mabes Polri : Angka Kecelakaan Naik 3,84 Persen, Kerugian Capai Miliaran

M. Adam Samudra - Sabtu, 16 September 2023 | 07:45 WIB
Ilustrasi kecelakaan mobil di Jalan Tol
Tribunjatim.com
Ilustrasi kecelakaan mobil di Jalan Tol

GridOto.com - Mabes Polri mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia naik sejak tanggal 14 September 2023, mencapai 379 kejadian.

Sementara dibandingkan pada tanggal 13 September 2023 angkanya menurun hanya 365 kejadian.

"Angka kecrelakaan mengalami kenaikan sebanyak 14 kejadian atau 3,84%," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan melalui keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Sabtu (16/9/2023).

Menurut Ramadhan, dari 379 kasus kecelakaan sejak 14 September 2023 mengakibatkan 19 orang tewas, sementara luka berat 47 orang dan  luka ringan 354 orang.

"Akibat kecelakaan tersebut kerugian materi mencapai Rp. 1.362.900.000," ucapnya.

Ia menuturkan, faktor utama kecelakaan lalu lintas disebabkan perhatian pengguna jalan yang teralihkan, bisa karena penggunaan ponsel saat berkendara atau akibat mengemudi dengan kecepatan tinggi.

Merespons hal ini, ia mengingatkan masyarakat agar tidak melanggar aturan lalu lintas demi menghindari risiko kecelakaan.

Baca Juga: Pakar Ingatkan Bahaya Menyalip Kendaraan Dari Bahu Jalan Tol

Ia menambahkan, berkendara atau mengemudi saat ini dibutuhkan masyarakat dalam beraktivitas dan untuk menekan kasus kecelakaan itu pengguna jalan harus peduli dan bertanggung jawab.

Sehingga kalau tidak peka dan peduli maka yang terjadi bisa mencelakai diri sendiri dan orang lain dan perlu diingat sumber kecelakaan terjadi akibat adanya pelanggaran sehingga patuh berlalu lintas bisa menekan kasus kecelakaan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa