Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kementerian PUPR Rampungkan 5 Tol PSN Baru pada Kuartal Tiga 2023, Ini Daftarnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 15 September 2023 | 19:51 WIB
daftar 5 ruas tol PSN baru yang dirampungkan Kementerian PUPR pada kuartal 3 2023.
bpjt.pu.go.id
daftar 5 ruas tol PSN baru yang dirampungkan Kementerian PUPR pada kuartal 3 2023.

GridOto.com - Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berhasil menyelesaikan pembangunan 5 tol baru yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) pada kuartal tiga tahun 2023.

Menurut Presiden Joko Widodo, PSN dirancang dengan prioritas pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan multiplier effect bagi pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

"PSN bertujuan untuk memberi manfaat bagi rakyat, bukan menderitakan masyarakat. Sehingga dalam 8 tahun terakhir proyek strategis nasional besar-besaran telah diselesaikan sebesar 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang," ujarnya, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Jumat (15/9/2023).

Dari daftar 5 ruas tol baru PSN tersebut, proyeknya tersebar di Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur, serta beberapa di antaranya sudah beroperasi, berikut rinciannya:

1. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang–Baitussalam) memiliki panjang 12,7 km yang merupakan salah satu ruas utama (backbone) Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS).

Seksi 5 dan 6 Tol Sigli-Banda yang dikelola BUJT PT Hutama Karya (Persero) ini sudah beroperasi sejak Juni 2023, menyusul Seksi 2-4 (Seulimeum-Blang Bintang) sepanjang 35,8 km yang sudah beroperasi terlebih dahulu.

2. Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1

Tol Simpang Indralaya-Muara Enim seksi 1 (Sp. Indralaya-Prabumulih) sepanjang 64,5 km yang merupakan bagian JTTS telah selesai konstruksinya dan sudah beroperasi sejak Agustus 2023.

Baca Juga: Pembangunan Tol MBZ Disebut Rugikan Negara Rp 1,5 Triliun, Ini Kata Jasa Marga

Editor : Dida Argadea
Sumber : bpjt.pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa