Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Mobil Tua Buat Hobi, Ini Bagian Terpenting Untuk Mengukur Value

Aditya Pradifta - Kamis, 14 September 2023 | 09:00 WIB
Deretan Suzuki Jimny tua di Lot32
Aditya Pradifta/GridOto.com
Deretan Suzuki Jimny tua di Lot32

GridOto.com - Lagi cari mobil tua buat hobi di akhir pekan? Perhatikan bagian ini karena termasuk yang terpenting untuk mengukur value mobil tersebut.

Kadang yang sering kita lupa tentang nilai dan cara menilai sebuah mobil tua sangatlah jauh berbeda dengan menilai mobil seken pada umumnya.

Cukup banyak faktor di luar teknis seperti nilai historis hingga emosional yang sangat abstrak untuk dijadikan tolak ukur.

Namun faktor kali ini yang akan disebutkan merupakan acuan penting yang cukup mendasar untuk mengukura value sebuah mobil tua.

"Kalau saya itu enggak melihat kondisi lain dulu pas lihat mobil yang diincar. Selama kondisi bodinya orisinil dan termasuk dalam kategori oke atau bagus, itu bagian lain bisa kita abaikan," ucap Andrie Nuandra, pemilik Beberes Garasi.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Daihatsu Ayla, Cek Kondisi Bearing Roda Dari Sini

Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo di Lot32
Aditya Pradifta/GridOto.com
Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo di Lot32

"Buat mobil tua, bodi itu tingkat prioritas tertinggi. Ukurannya bodi yang terlihat seperti pintu, kap mesin, gak keropos atau malah dalam kondisi bagus itu punya nilai lebih," sambung Diki, pemilik Arland Garage.

Meski terdengar sepele, bagian bodi ternyata memang harus diakui sangat penting untuk menjadi landasan awal.

"Kalau dari awal bodinya masih bagus, ambil contoh Suzuki Jimny tahun 1982 ini. Bagian lain yang bukan bodi itu bisa kita refresh," terang Andrie.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa