Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Canggihnya Transmisi CVT Mitsubishi XFORCE, Bikin Nyetir Minim Effort

Agis Maulana - Senin, 11 September 2023 | 17:20 WIB
Tampilan Mitsubishi XForce ketika melakukan test drive di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (7/9/2023).
Dok.GridOto/Angga Raditya
Tampilan Mitsubishi XForce ketika melakukan test drive di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (7/9/2023).

GridOto.com – Mitsubishi XFORCE, mobil sport utility vehicle (SUV) compact terbaru dari Mitsubishi dijajal di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (7/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, empat mode berkendara dari mobil yang resmi meluncur di Indonesia pada Agustus 2023 tersebut dicoba fungsi dan keandalannya. Keempat mode tersebut antara lain mode Normal yang digunakan untuk berkendara di jalan lurus tanpa rintangan, mode Wet untuk berkendara di jalanan basah dan tergenang, mode Gravel untuk jalanan bertekstur atau tidak rata, serta mode Mud untuk jalanan berlumpur.

Dari empat mode berkendara yang diperkenalkan, mode Wet menjadi fitur yang paling ditonjolkan karena tidak dimiliki oleh mobil lain yang beredar di pasar otomotif Indonesia. Mitsubishi menjelaskan, kehadiran fitur ini ditujukan agar mobil dapat dikendarai di kondisi jalanan di Asia Tenggara, terutama Indonesia, yang sering becek, tergenang, hingga banjir.

Selain mode berkendara, keunggulan Mitsubishi XFORCE juga terletak pada transmisinya. Untuk diketahui, mobil pendatang baru di kelas SUV compact ini menggunakan transmisi Continous Variabel Transmission (CVT) 8-percepatan yang dikembangkan dari Mitsubishi Xpander.

Baca Juga: Mengintip Kabin Luas dan Mewah dari Mitsubishi XForce

Sebagai informasi, CVT adalah jenis transmisi otomatis yang tidak memiliki gigi seperti transmisi otomatis konvensional. Pada transmisi ini, piranti yang digunakan adalah puli dan sabuk baja. Kedua komponen tersebut berfungsi untuk menggerakkan transmisi sementara gigi rasio berubah menyesuaikan berdasarkan putaran mesin.

Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors Masahiro Tamura mengungkapkan bahwa CVT yang disematkan pada Mitsubishi XFORCE mampu memberikan akselerasi yang dinamis sesuai gaya berkendara pengemudi dan kondisi jalanan.

“Transmisi CVT Mitsubishi XFORCE ini cukup unik karena bisa memberikan akselerasi yang dinamis sesuai dengan gaya berkendara pengemudi. Setiap mode berkendara juga punya pengaturan otomatis terhadap respons kemudi, akselerasi, traksi, dan Active Yaw Control (AYC)”, ucapnya saat ditemui di Bridgestone Proving Ground Track, Kamis.

Tamura mencontohkan kondisi saat mobil dibawa di jalan menanjak. Saat transmisi CVT mendeteksi tanjakan, mobil otomatis menambah tenaga 25 persen lebih besar secara otomatis tanpa pengemudi menginjak pedal gas dalam-dalam. 

Baca Juga: Fitur Drive Mode Mitsubishi XFORCE Bukan Sekedar Gimik!

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa