Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur

Fitur Drive Mode Mitsubishi XForce, Emang Boleh Secanggih Ini?

Trybowo Laksono - Kamis, 31 Agustus 2023 | 21:15 WIB
Mitsubishi XForce Ultimate
Rayhan Haikal/GridOto.com
Mitsubishi XForce Ultimate
GridOto.com - Salah satu daya tarik Mitsubishi XForce adalah adalah fitur Drive Mode alias mode berkendara.
 
Fitur ini hanya ada di varian Ultimate dan dipersiapkan untuk meningkatkan daya jelajah Mitsubishi XForce di medan yang lebih beragam.
 
Total ada 4 mode yang diberikan oleh fitur Drive Mode, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.
 
Sesuai namanya, Normal untuk medan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk lumpur.
 
Kecanggihan fitur ini terlihat dari ragam komponen yang dilibatkan, dan itu adalah mesin, transmisi, rem, dan power steering, yang itu semua terintegrasi dengan fitur kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC).
 
Di mode Normal misalnya, kontrol traksi diset pada level 3 (menengah) yang artinya komputer masih mengizinkan roda untuk spin, sebelum akhirnya sistem mengambil alih agar traksi tetap terjaga.
 
Pada mode Normal pula, respons AYC di level 1, respons akselerasi (mesin+transmisi) di level 3, dan bobot setir di level 3.
 
Tampilan Drive Mode pada Mitsubishi XForce
Trybowo Laksono/GridOto.com
Tampilan Drive Mode pada Mitsubishi XForce
Lalu di mode Wet, setting kontrol traksi ada di level 4 yang artinya komputer lebih banyak mengintervensi untuk mengurangi slip roda, kemudian AYC di level 4, respons akselerasi di level 1,5, dan bobot setir di level 4.
 
AYC pada mode Wet yang ada d level 4 menunjukkan intervensi komputer cukup besar untuk membantu pengemudi membelokkan mobil.
 
Ketika AYC bekerja, sistem bisa mengaktifkan rem di roda depan sisi dalam tikungan untuk meminimalisir understeer.
 
Pada mode Gravel, kontrol traksi di level 1 yang artinya sistem mengizinkan roda lebih banyak spin, lalu AYC di level 3, respons akselerasi di level 2, dan bobot setir di level 4.
 
Terakhir pada mode lumpur alias Mud, kontrol traksi di level 1, AYC dinonaktifkan, respons akselerasi di level 1, dan bobot setir ada di set normal alias level 3.
 

Editor : Trybowo Laksono

Motor Listrik TVS iQube Sudah Bisa Dibeli, Spek Kencang! Yuk Intip Bocoran Harganya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa