Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GIIAS 2023

Bahas Strategi di Indonesia, Generasi Muda Jadi Perhatian Bos Nissan ASEAN

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 12 Agustus 2023 | 17:05 WIB
President of Nissan in ASEAN, Isao Sekiguchi (Kanan) saat berada di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto
President of Nissan in ASEAN, Isao Sekiguchi (Kanan) saat berada di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

 


GridOto.com - President of Nissan in ASEAN, Isao Sekiguchi, singgung generasi muda saat membahas strategi untuk bersaing di pasar otomotif global, khususnya Indonesia.

Menurutnya generasi muda memainkan perang penting, sekaligus jadi perhatian utama Nissan guna menjaga eksistensi jenama otomotif asal Jepang tersebut di Tanah Air.

“Di Indonesia, Thailand atau bahkan juga Malaysia, mungkin bagi orang terdahulu Nissan begitu populer. Karena kelebihannya sebagai teman mobilitas yang nyaman dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama berkat durabilitas yang teruji,” ujar Sekiguchi.

“Namun bagi generasi muda, mereka jadi kurang mengenal kami seiring dengan banyaknya merek baru yang berdatangan. Itulah yang menjadi tantangan kami,” lanjutnya kepada media saat berada di GIIAS 2023, Jumat (11/8) kemarin.

Sekiguchi pun tidak memungkiri bahwa untuk pasar ASEAN khususnya Indonesia, dalam beberapa tahun ke belakang lepas dari perhatian Nissan.

Hal itu dikarenakan berbagai faktor, mulai dari masalah internal yang menimpa perusahaan (global) maupun fokus Nissan untuk meningkatkan penjualan ke pasar dengan volume yang lebih besar.

“Untuk kasus di Indonesia dan juga Thailand, apa yang terjadi saat ini adalah strategi yang tidak konsisten. Termasuk dalam produk, strategi bisnis dan sebagainya,” ungkap Sekiguchi.

“Nissan pun memilih untuk mendongkrak atau meningkatkan volume (penjualan) di pasar Amerika Serikat dan China, sehingga untuk ASEAN menjadi sedikit kurang diprioritaskan. Saya pikir itu adalah kesalahan yang kami perbuat,” jelasnya.

Terlepas dari berbagai permasalahan yang terjadi ditambah berakhirnya pandemi Covid-19, Nissan pun siap bangkit kembali dengan berbagai strategi baru yang lebih fresh.

Baca Juga: Toyota Voxy Waspadalah, Nissan Serena e-Power Resmi Diperkenalkan di GIIAS 2023

Apabila sesuai rencana, pengumuman strategi terbaru dari Nissan tersebut akan dilangsungkan pada akhir tahun nanti secara global.

“Saat ini kami sudah on track (kembali di jalurnya), finansial Nissan (secara global) pun mulai membaik dan siap berinvestasi untuk masa depan,” tuturnya.

“Dalam tiga tahun belakangan ini dengan strategi yang dibuat, saya pikir Nissan telah sukses besar,” imbuh pria yang sudah lebih dari 20 tahun berpengalaman di industri otomotif ini.

Nissan Serena C28 e-Power di GIIAS 2023, baru akan dijual di Indonesia pada semester kedua 2024.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto
Nissan Serena C28 e-Power di GIIAS 2023, baru akan dijual di Indonesia pada semester kedua 2024.

Begitu juga Nissan bakal terus memopulerkan teknologi e-Power mereka di Indonesia, seiring dengan pergeseran tren yang bergerak menuju kendaraan elektrifikasi.

“Kami punya partner jangka panjang, yakni Indomobil yang sudah bersama untuk waktu yang lama. Kami masih Nissan (sebuah raksasa otomotif asal Jepang), can be strong,” tutur Sekiguchi lagi.

“Mungkin bisa dikatakan saat ini kami masih dalam mode defensive (bertahan). Tapi dengan strategi lebih baik yang akan datang nantinya, kami siap menjadi lebih offensive (menyerang),” pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa