Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Enggak Dapat Barang Palsu, Begini Cara Mengecek Keaslian Oli Shell

Wisnu Andebar - Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:30 WIB
Terdapat QR code pada tutup botol oli Shell untuk memastikan produk yang asli.
Isal/GridOto.com
Terdapat QR code pada tutup botol oli Shell untuk memastikan produk yang asli.

GridOto.com - Shell Indonesia telah melakukan beragam upaya untuk melindungi konsumen dari peredaran oli palsu.

Pasalnya dari sekian banyak merek oli, Shell termasuk menjadi salah satu pelumas yang banyak dipalsukan.

Menurut Andri Pratiwa, Direktur Pelumas Shell Indonesia, untuk mendapatkan produk oli Shell yang asli konsumen dapat mengecek dengan beberapa cara.

Pertama, konsumen dapat mengecek keaslian produk dengan mengusap air pada stiker dengan angka khusus di kemasan bagian atas botol produk oli Shell.

"Jika warna stiker tersebut berubah, maka produk oli Shell tersebut asli. Stiker akan kembali ke warna awal saat kering," ujar Andri kepada GridOto.com, Selasa (8/8/2023).

Cara kedua, konsumen dapat mengecek keaslian produk dengan scan QR code khusus yang terletak di tutup botol.

Kemendag berhasil amankan gudang yang memproduksi hingga menyimpan ratusan ribu botol oli palsu di Tangerang, Banten. Shell termasuk yang dipalsukan
Istimewa
Kemendag berhasil amankan gudang yang memproduksi hingga menyimpan ratusan ribu botol oli palsu di Tangerang, Banten. Shell termasuk yang dipalsukan


QR code tersebut terhubung dengan website Shell untuk verifikasi keaslian produk.

"Dengan melakukan scan QR code dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya pada informasi yang ditampilkan, konsumen dapat mengetahui keaslian produk oli Shell," terangnya.

Tidak hanya itu, Shell juga memberikan edukasi kepada konsumen dengan menempatkan berbagai bentuk informasi untuk mengecek keaslian produk pada jaringan distributor resminya.

Baca Juga: Harga Oli Mobil Shell Terpantau Masih Stabil, Tipe Helix HX3 hingga HX8 Dibanderol Mulai Rp 100 Ribuan

"Kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Asosiasi Pelumas Indonesia, dalam menekan peredaran produk palsu di pasar," sebutnya.

Sekadar info, Shell memiliki berbagai jenis produk yang ditawarkan mulai Shell Helix untuk mesin mobil, Shell Advance untuk mesin motor, dan Shell Rimula untuk mesin truk.

"Kami akan terus berupaya menghadirkan inovasi untuk memastikan konsumen mendapatkan produk berkualitas dari kami, termasuk menjaga keaslian produk yang beredar di tengah masyarakat," pungkas Andri.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa