Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mengenal Teknologi Hybrid yang Banyak Dipakai Produsen Otomotif Indonesia

Fathia Yasmine - Jumat, 28 Juli 2023 | 15:16 WIB
Sistem Toyota Hybrid System pada Corolla Cross Hybrid.
Toyota
Sistem Toyota Hybrid System pada Corolla Cross Hybrid.

 

GridOto.com - Mobil berteknologi hybrid kini semakin populer di Indonesia. Tak hanya dikenal ramah lingkungan dan minim emisi karena menggabungkan teknologi konvensional dengan teknologi listrik, mobil hybrid juga dianggap unggul karena mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar dan kinerja mesin yang lebih baik.

Dilansir dari Kompas.com, mobil hybrid adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak, yakni mesin konvensional bertenaga bahan bakar minyak (BBM) dan motor listrik.

Walaupun dilengkapi dengan dua tipe mesin, kedua sumber tenaga ini tidak beroperasi secara simultan, melainkan secara bergantian sesuai dengan kondisi dan medan perjalanan.

Sebagai contoh, mobil hybrid yang melaju dengan pelan akan menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Jika daya baterai telah habis, mesin bertenaga BBM pada mobil hybrid akan bergantian bekerja secara otomatis. 

 Baca Juga: Auto2000 Masih Kuasai Penjualan Mobil Baru Toyota, Avanza Jadi Tulang Punggung

Di Indonesia sendiri, kendaraan masa depan yang ramah lingkungan ini hadir dengan desain dan fitur yang cukup beragam.

Namun berdasarkan cara kerjanya, teknologi hybrid pada mobil umumnya dibagi menjadi empat kategori, yakni mild hybrid, serial hybrid, paralel hybridserial-parallel hybrid, dan plug-in hybrid.

Komponen utama kategori-kategori kendaraan hybrid tersebut sama, yaitu mesin konvensional, motor listrik, dan baterai. Berikut penjelasan masing-masing kategori. 

  1. Mild Hybrid

Teknologi mild hybrid merupakan teknologi hybrid yang paling sederhana. Pada mobil ini, baterai hanya berfungsi untuk membantu mesin untuk bergerak karena tegangan baterainya yang rendah, yakni sekitar 48 volt. 

Meski tidak mampu menggerakan mobil sendirian, tenaga baterai ini bisa menambah kekuatan mesin ketika melakukan akselerasi atau awal jalan. Salah satu contoh mobil dengan teknologi mild hybrid adalah Suzuki Ertiga.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa