Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bima Arya Sugiarto Hapus Angkot di Kota Bogor Desember 2023, Nasib Sopir Gimana?

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 28 Juli 2023 | 15:05 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan membebaskan pusat kota Bogor dari angkot pada Desember 2023.
Instagram @bimaaryasugiarto
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan membebaskan pusat kota Bogor dari angkot pada Desember 2023.

GridOto.com - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, akan menghapus angkutan kota (angkot) di pusat kota Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, jumlah angkot yang masih masif di Kota Bogor memupuskan kehadiran moda transportasi Light Rapid Transit (LRT) di wilayahnya.

"LRT akan masuk ke Kota Bogor tadinya. Presiden optimis akan tembus. Tapi, banyak dinamika yang berkembang sehingga agak tertunda. Kalau angkotnya enggak berkurang dan tidak ada moda yang menyambungkan, akan ribet," ujar Bima, dikutip dari TribunnewsBogor.com, Kamis (21/7/2023) lalu.

Namun Pemkot Bogor terus masih terus berusaha untuk menghadirkan LRT di Kota Bogor, salah satunya dengan mengupayakan pengoperasian trem di Kota Hujan tersebut.

"Antisipasinya ke depan konsepsi trem akan berjalan untuk menyambut itu (LRT). Sistem Satu Arah (SSA) angkot berkurang dikonversi jadi bus. Target di Desember 2023 enggak ada lagi angkot di sana (SSA)," jelas Bima.

Sementara itu, program konversi angkot menjadi bus dengan nama Bis Kita - Trans Pakuan masih berlangsung hingga saat ini.

Berdasarkan unggahan akun Instagram milik Bima Arya Sugiarto, reformasi angkot di Bogor dimulai tahun 2016, saat 3.412 pemilik angkot yang tadinya individual beralih menjadi 16 badan hukum. 

"Semua disiapkan untuk program penataan. Bisa ikut program konversi, tiga angkot menjadi 1 bus sedang atau angkot menjadi feeder, pengumpan di pinggir kota." tulis @bimaaryasugiarto, (1/10/2021) lalu.

Menurutnya, sekarang sudah ada tiga badan hukum yang siap untuk melakukan proses konversi.

Baca Juga: Sudah 25 Tahun Jadi Sopir Bus PO Lana Jaya, Pemotor dan Angkot Tetap Buat Nanang Takut di Jalan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa