Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Enggak Was-was, Mobil Apa Sih yang Aman Tenggak BBM Baru Pertamina Pertamax Green 95?

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 27 Juli 2023 | 20:05 WIB
Biar enggak was-was saat coba, mobil-mobil seperti ini yang aman tenggak BBM baru dengan bioetanol yaitu Pertamax Green 95 dari Pertamina.
Pradana
Biar enggak was-was saat coba, mobil-mobil seperti ini yang aman tenggak BBM baru dengan bioetanol yaitu Pertamax Green 95 dari Pertamina.

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) telah meluncurkan produk BBM baru mereka yaitu Pertamax Green 95 pada Senin, (24/6/2023) awal minggu ini.

Pertamax Green 95 menjadi unik, karena mengandung bioetanol sebanyak lima persen atau E5 yang terbuat dari bahan baku terbarukan dalam hal ini tebu.

Memiliki nilai Research Octane Number atau RON 95, mobil apa saja yang bisa menenggak Pertamax Green 95?

Baik Toyota maupun Honda sama-sama mengatakan kalau seluruh produk yang mereka jual saat ini sudah bisa menggunakan Pertamax Green 95 tanpa masalah.

"Semua produk Toyota sudah bisa menggunakan BBM baru ini," ucap Anton Jimmi Suwandy kepada GridOto.com, Rabu (26/7/2023) melalui pesan singkat.

"Bisa, semua mobil kami kompatibel dengan BBM baru dari Pertamina yang menggunakan E5," ucap Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM kepada GridOto.com, Rabu (26/7/2023) juga melalui pesan singkat.

Pun dengan pabrikan Jepang lainnya yaitu Mazda, yang mengatakan kalau produknya bisa memakai BBM yang dijual dengan banderol Rp 13.500 per liter itu.

Pasalnya, produk-produk Mazda memiliki mesin dengan kompresi di rentang 12 hingga 13,0:1 yang cocok menggunakan BBM RON 95.

"Mazda secara umum punya (mesin dengan) kompresi rata-rata di antara 12 hingga 13,0:1, kalau menilai dari RON harusnya bisa memakai Bioetanol itu," ucap Ardhi Nurhamzah, Assistant Manager Technical Trainer Eurokars Motor Indonesia selaku pemegang merek Mazda di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: Masih Perkenalan, Pertamina Ogah Kasih Target Penjualan Tinggi-tinggi untuk Pertamax Green 95

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa