Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

SayaPilihBumi Siap Bikin Jakarta Bersih Lewat Program Circular City Clean, Catat Tanggalnya!

Wisnu Andebar - Sabtu, 8 Juli 2023 | 15:30 WIB
Melalui program Circular City Clean ini, SayaPilihBumi percaya bahwa setiap orang adalah agen perubahan sekaligus pemengaruh lingkungannya, serta meyakini setiap perubahan baik untuk lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dan dari sekarang. (Gregorius Bhisma Adinaya)
Melalui program Circular City Clean ini, SayaPilihBumi percaya bahwa setiap orang adalah agen perubahan sekaligus pemengaruh lingkungannya, serta meyakini setiap perubahan baik untuk lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dan dari sekarang. (Gregorius Bhisma Adinaya)

GridOto.com - SayaPilihBumi secara perdana akan menggelar gerakan Circular City Clean pada akhir pekan ini, tepatnya Minggu (9/7/2023) di kawasan CFD Sudirman, Jakarta.

Circular City Clean adalah program bersih-bersih yang melibatkan komunitas, siswa sekolah, sektor swasta, pemerintah dan individu melalui semangat "gotong royong" untuk kota dan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Acara ini terbuka untuk umum dan bakal berlangsung sejak pukul 07.00-09.00 WIB, dengan titik kumpul di Taman Sumenep, Menteng lalu mengambil rute Sarinah-Bundaran HI.

Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia mengatakan, bahwa SayaPilihBumi sudah memulai komitmennya terhadap upaya perbaikan lingkungan sejak 2018.

"Pada 2018 itu kita memulainya dengan melakukan aktivitas clean up di di CFD Sudirman Thamrin. Sejak saat itu kita sudah melakukan banyak aktivitas untuk menginspirasi perubahan perilaku manusia saat ini, untuk berkontribusi terhadap perbaikan perubahan iklim," ujar Didi.

"Di tahun ini kita berharap lebih banyak lagi aktivitas yang melibatkan lebih lebih banyak orang, berkolaborasi, sehingga kita bisa mencapai dampak yang lebih signifikan lagi," sambungnya.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan adalah mengumpulkan sampah di kawasan CFD Jakarta dan memilahnya sesuai dengan lima kategori jenis sampah, untuk kemudian disalurkan ke Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk diolah lebih lanjut.

Lalu ada juga kegiatan kampanye edukasi mengenai pentingnya mengurangi sampah dan memilah sampah berdasarkan jenisnya agar bisa diolah atau didaur ulang lebih lanjut. Kegiatan kampanye ini akan disertari dengan aksi hias ondel-ondel, hias slogan, dan lain-lain.

Sejauh ini setidaknya sudah ada 80 orang relawan yang mendaftarkan diri untuk ikut serta, baik dari perseorangan maupun dari komunitas.

Bagi sobat yang tertarik ikut serta bisa datang langsung dengan diharapkan mengenakan dresscode hitam ataupun mendaftarkan diri lebih dulu di bit.ly/volunteerbebersihjakarta atau akun Instagram @sayapilihbumi.

Selain kawasan CFD, SayaPilihBumi secara berkelanjutan berencana untuk menggelar Gerakan Circular City Clean ini di sungai, pantai, dan gunung.

Melalui program ini, SayaPilihBumi percaya bahwa setiap orang adalah agen perubahan sekaligus pemengaruh lingkungannya, serta meyakini setiap perubahan baik untuk lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dan dari sekarang.

Circular City Clean adalah bagian dari Circular City Project, proyek gerakan meminimumkan sampah dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada sehingga, tak ada sumber daya yang terbuang.

Tujuan Circular City Project adalah mendorong ekonomi sirkular dan menjadi solusi perubahan terhadap permasalahan sampah di Indonesia.

Melaui Circular City Clean dan Circular City Project, SayaPilihBumi ingin menyatukan anggota masyarakat, pemerintah, entitas bisnis, sekolah, dan komunitas untuk menyebarkan pesan bahwa menjaga kebersihan adalah tugas semua orang.

Sekadar info, SayaPilihBumi merupakan gerakan perubahan perilaku dan menjaga lingkungan untuk bumi yang lebih baik, digagas oleh National Geographic Indonesia, bagian dari Grid Network

SayaPilihBumi diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan dampak negatif membuang sampah sembarangan, serta pentingnya 3R: reduce (pengurangan), reuse (penggunaan kembali), dan recycle (daur ulang sampah).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa