Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Jawaban Daihatsu Ketika Menperin Minta Produksi Mobil Elektrifikasi pada 2025

Wisnu Andebar - Jumat, 7 Juli 2023 | 18:50 WIB
Daihatsu Ayla EV saat diperkenalkan di GIIAS 2022
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Ayla EV saat diperkenalkan di GIIAS 2022

GridOto.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mendorong PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agar dapat memproduksi kendaraan elektrifikasi secara lokal di Indonesia pada 2025 mendatang.

Menurutnya hal itu sejalan dengan langkah Daihatsu yang telah memperkenalkan prototipe Ayla EV dan Rocky Hybrid, pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

"Pemerintah menargetkan ADM pada 2025 mampu mengeluarkan line up produksi kendaraan elektrifikasi baik itu hybrid maupun full electric di Indonesia," ujar Agus di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director ADM pun menanggapi hal itu dengan menyatakan kesiapannya.

"Seperti komitmen kami, pemerintah sendiri meminta 2025, kami menuju ke sana, yang penting kami siap," ujar Sri Agung dalam kesempatan yang sama.

Ia menjelaskan, komitmen tersebut diwujudkan dengan pembangunan fasilitas produksi plant line 2 di Karawang, Jawa Barat.

Adapun pabrik baru dengan nilai investasi sekitar Rp 2,9 triliun ini akan mengadopsi konsep Evolution, Simple, Slim, Compact (E-SSC).

"Konsep pabrik tersebut ke depannya memiliki kapabilitas untuk produksi EV," tuturnya.

Kendati demikian, Daihatsu saat ini masih menutup rapat-rapat informasi mengenai model kendaraan elektrifikasi yang akan diusungnya.

Baca Juga: Harga Daihatsu Xenia 1.300 cc Naik Rp 2 juta, Varian 1.500 cc Stabil

“Kami belum tahu, balik lagi konsumen Daihatsu 80 persennya adalah first buyer. Jadi harus melihat kebutuhan konsumen itu apakah sudah siap terhadap hybrid atau Electric Vehicle (EV)," sebutnya.

"Jadi kami tidak ingin memaksakan tidak berdasarkan konsumen, tapi compliance terhadap pemerintah, kami menuju ke sana," pungkas Sri Agung.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa