Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral Toyota Innova Venturer Pelat Merah Dikasih Cover Hitam, Ini Kata Polisi

M. Adam Samudra - Rabu, 5 Juli 2023 | 21:15 WIB
Mobil plat merah gunakan cover hitam sehingga tidak terlihat
Instagram @fransiscus_rosano
Mobil plat merah gunakan cover hitam sehingga tidak terlihat

GridOto.com - Blakangan ini beredar sebuah video sebuah Toyota Innova Venturer menggunakan pelat dinas berwarna merah, yang ditutup oleh cover berwarna hitam di Tol arah Tol Tanah Kusir.

Video itu pun viral setelah diunggah oleh akun Instagram @fransiscus_rosano pada selasa (4/7/2023).

"Seriusan nanya, emang boleh pelat merah mobil pemerintah pelatnya dicover hitam gini??? Ini bukan cuma sekali dua kali doang ketemu jadi sekarang sering ngeliat mobil-mobil pelat merah yang pake gini. YES DARI JAUH KELIATAN JADI PELAT HITAM, dan lebih parah lagi kalo kena cahaya pelat ini jadi nggak keliatan isinya. Yang artinya GAK BISA KENA TILANG ELEKTRONIK," tulis pesan tersebut saat dikutip GridOto.com, Rabu (5/7/2023).

"Dan iya, mobil yang gw foto ini tentunya bawaanya kaya scumbag. Mayoritas waktu di bahu jalan, dan pas mau join jalan ke lajur utama malah ngedim2 mobil di depannya, berasa dia yang punya jalan. Dan terus kiri-kanan kiri-kanan seenaknya," sambungnya.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi ia pun meminta kepada pihak Dilantas Polda Metro Jaya untuk menindak lanjuti pengendara tersebut.

"Dear @tmcpoldetro, sampe kapan yang gini mau dibiarin? Semakin hari dibiarkan, makin banyak yang meniru," tulisnya.

Menanggapi kejadian itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sutikno, mengatakan bahwa kendaraan tersebut bisa dikenakan sanksi tilang.

"Ya tidak boleh dong pelat merah terus diganti dengan (cover) pelat hitam. Itu jelas pelanggaran bisa dikenakan sanksi tilang," kata Sutikno saat dihubungi GridOto.com, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Yamaha RX-King 2004 Mulus Plat Merah Dilelang, Cuma Rp 6 Jutaan!

Ia menjelaskan, berdasarkan UU LLAJ NO. 22 Tahun 2009 pengendara Innova Venturer itu bisa dikenakan Pasal 280 jo Pasal 68 ayat (1) TNKB tidak sah, dimana kendaraan bermotor tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Polri.

Dalam Pasal 68, pelat nomor wajib memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku, serta harus memenuhi syarat spesifikasi yang sudah diatur.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa