Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Disepelekan, Kode Angka di Kunci Motor Ternyata Punya Fungsi Penting

Naufal Nur Aziz Effendi,Yuka Samudera - Rabu, 5 Juli 2023 | 17:20 WIB
ilustrasi kode angka di anak kunci motor.
Naufal Aziz/GridOto.com
ilustrasi kode angka di anak kunci motor.

GridOto.com - Buat sobat GridOto yang motornya masih menggunakan kunci kontak, biasanya di bagian anak kuncinya memiliki semacam kode.

Kode kecil ini tidak hanya terdapat di anak kunci saja, kadang tertera juga di pelat besi kecil yang menggantung bersama kunci cadangan.

Meski kelihatannya sepele, ternyata kode tersebut bisa menjadi penting saat anak kuncinya hilang, supaya bisa dibuatkan penggantinya di dealer resmi tanpa perlu ganti kunci set motor.

Letak kode angka di anak kunci motor.
AONG/MOTOR Plus
Letak kode angka di anak kunci motor.

Menurut Sarwono Edhi, yang saat diwawancarai beberapa waktu lalu menjabat Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM), kode tersebut merupakan seri produksi dari pembuatan kunci.

"Kode di anak kunci juga berfungsi untuk registrasi nomor di divisi distribusi, jadi jika sewaktu-waktu kunci hilang, bisa saja dibuat baru berdasarkan kode tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, jika hilang atau ada kerusakan di bagian belakang anak kunci (tempat magnet berada), konsumen bisa mengajukan proses pembuatan kunci berdasarkan kode registrasi tersebut.

"Pemilik motor jadi bisa mendapatkan unit kunci baru, tetapi tetap dengan rumah kunci yang lama," jelasnya.

kode angka di kunci motor juga ada di pelat besi yang menempel di kunci cadangan.
Otomotifnet
kode angka di kunci motor juga ada di pelat besi yang menempel di kunci cadangan.

Baca Juga: Harga Rp 80 Jutaan, Kok Honda CT125 Masih Pakai Kunci Kontak Biasa?

Untuk prosesnya, sobat cukup melapor ke dealer dengan membawa pelat tersebut. Nantinya, dari dealer akan diteruskan untuk proses pembuatan kunci ulang.

"Namun proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan mengganti kunci set baru," bebernya.

Ternyata kode di anak kunci ini punya fungsi penting, maka dari itu jangan sampai hilang dan selalu simpan kunci cadangan yang ada plat besinya di tempat yang aman.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa