Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Cuma STNK, Pergantian Warna Juga Perlu Perubahan Data di BPKB

M. Adam Samudra - Rabu, 14 Juni 2023 | 11:30 WIB
Ilustrasi STNK dan BPKB.
ntmcpolri.info
Ilustrasi STNK dan BPKB.

GridOto.com - Bagi kalian yang senang menganti warna pada kendaraan baik mobil maupun motor ternyata perlu merubah data pada bagian halaman belakang Buku  Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Sebab jika tidak melaporkan penggantian tampilan kendaraan tersebut, bisa dianggap melanggar hukum.

Ini karena ada ketidaksesuaian antara kondisi fisik kendaraan dengan statusnya dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Hal ini seperti disampaikan oleh Kasubdit BPKB Ditreggident Korlantas Polri Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro kepada GridOto.com.

"Iya seharusnya kalau ganti warna pakai sticker atau cat wajib rubah data pada (BPKB) dan perlu ada surat keterangan dari bengkel rubah warna. Karena tampilan mobil jadi berubah sehingga perlu mengisi kolom 'Catatan belakang' ," kata Wahyu kepada GridOto.com, Rabu (14/6/2023).

Menurut Wahyu, selama ini banyak masyarakat belum memiliki kesadaran jika menganti warna kendaraan itu wajib daftar ke Samsat.

"Tapi belum tentu semua orang mau ke Samsat untuk rubah itu, kalau mobil hitam jadi doff masih mirip-mirip. Namun kalau warna merah jadi hitam doff itu yang parah, karena perlu kesadaran masyarakat itu sendiri," ucapnya.

Secara hukum, kewajiban pelaporan perubahan warna kendaraan diatur dalam Pasal 64 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca Juga: Mau Ganti Alamat di BPKB Ternyata Gak Sulit, Begini Caranya

Pada aturan tersebut, dijelaskan bahwa setiap kendaraan wajib dilakukan registrasi termasuk registrasi perubahan identitas kendaraan dan pemiliknya.

Lantas apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengurus perubahan warna kendaraan bermotor agar tetap sesuai dengan STNK dan BPKB?

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa