Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Toyota Yaris Cross Resmi Diumumkan, Termurah Mulai Rp 350 Jutaan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 13 Juni 2023 | 13:51 WIB
Harga Toyota Yaris Cross resmi diumumkan di Indonesia, Selasa (13/6/2023).
Angga Raditya
Harga Toyota Yaris Cross resmi diumumkan di Indonesia, Selasa (13/6/2023).


GridOto.com - Setelah cukup lama dinanti, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi mengumumkan harga jual All New Yaris Cross di Tanah Air.

Harga yang ditawarkan untuk Sport Utility Vehicle (SUV) Compact ini pun tidak jauh meleset dari prediksi, dengan varian termurahnya dibanderol Rp 351 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sementara untuk varian tertinggi yakni Toyota All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package, dibanderol Rp 449,95 juta OTR DKI Jakarta.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, turut memastikan All New Yaris Cross yang dijual sudah diproduksi secara lokal di Indonesia.

"Setelah me-launching All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi lokal, Toyota menghadirkan All-New Yaris Cross sebagai full Hybrid EV karya anak bangsa berikutnya," ujar Henry dalam siaran resmi TAM, Selasa (13/6/2023).

"Sebagai pionir di B-segment dengan pangsa pasar besar, SUV ini memberikan kesempatan kepada pelanggan yang lebih luas supaya dapat memiliki kendaraan ramah lingkungan dengan harga yang semakin terjangkau," imbuhnya.

Mesin keluarga 2NR yang dipakai di Toyota Yaris Cross dan duet maut Toyota Avanza-Daihatsu Xenia
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Mesin keluarga 2NR yang dipakai di Toyota Yaris Cross dan duet maut Toyota Avanza-Daihatsu Xenia

Adapun Toyota All-New Yaris Cross ditawarkan dalam enam varian, dengan pilihan mesin 4-silinder 1.500 cc DOHC Dual-VVT-i bensin (2NR-VE) dan hybrid (2NR-VEX).

Mesin bensin 2NR-VE menghasilkan tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm, dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission).

Sementara untuk varian dengan mesin berkode 2NR-VEX, merupakan mesin atkinson cycle yang dibekali motor listrik dan baterai lithium-ion.

Baca Juga: Dimensi XFC Concept alias The New SUV Mitsubishi vs Toyota Yaris Cross

Untuk mesin bensinnya menghasilkan tenaga 89,8 dk dan torsi 121 Nm, sedang motor listriknya memproduksi tenaga 79 dk dan torsi 141 Nm.

Dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS), dapur pacu ini dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam penyaluran tenaga yang paling efisien dan minim polusi tanpa mengorbankan performa.

Mesin 2NR-VEX Toyota Yaris Cross hybrid terhubung dengan generator dan baterai lithium-ion
Radityo Herdianto / GridOto.com
Mesin 2NR-VEX Toyota Yaris Cross hybrid terhubung dengan generator dan baterai lithium-ion

Lanjut membahas spesifikasinya, rival terbaru Honda HR-V dan Hyundai Creta dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture untuk segmen B (DNGA-B).

Secara dimensi Toyota All New Yaris Cross memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, wheelbase 2.620 mm dan ground clearance 260 mm.

Bisa dikatakan, platform yang dibuat Daihatsu ini juga digunakan Toyota Avanza, Veloz dan Daihatsu Xenia generasi ketiga (W100/W150).

“Yaris Cross membawa konsep Solid & Dynamic bermodalkan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern dipadukan dengan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior," tutur Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

"Eksteriornya menampilkan voluminous body dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan yang solid dan tangguh," imbuhnya dalam kesempatan yang sama.

Urusan fitur, seluruh varian Toyota All New Yaris Cross sudah dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA dan Parking Sensor.

Begitu juga dengan Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), hingga Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam glove box.

Baca Juga: Gak Takut HR-V Terancam, Honda Malah Senang Yaris Cross Datang

Lalu fitur Panoramic View Monitor turut dihadirkan untuk memberikan kemudahan ketika manuver parkir di area terbatas. 

"Keinginan menghadirkan ever-better cars terwujud dalam kemasan yang up-to-date dan advance, serta pilihan varian yang lengkap dan harga kompetitif,” pungkas Anton.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa