Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mario Aji Start dari P18 Setelah Kualifikasi Moto3 Italia 2023, Begini Runut Perkaranya

Muhammad Rizqi Pradana - Minggu, 11 Juni 2023 | 09:40 WIB
Mario Aji kurang maksimal di sesi kualifikasi Moto3 Italia 2023, ternyata begini perkaranya.
Gareth Harford/Honda Team Asia
Mario Aji kurang maksimal di sesi kualifikasi Moto3 Italia 2023, ternyata begini perkaranya.

GridOto.com - Sesi kualifikasi Moto3 Italia 2023 tidak berjalan sesuai ekspektasi untuk pembalap Indonesia yaitu Mario Aji.

Pede bisa bersaing di papan tengah, Mario Aji tampak kesulitan melaju cepat di sepanjang sesi latihan dan kualifikasi Moto3 Italia 2023 pada Jumat dan Sabtu (9-10/6) kemarin.

Hanya bisa berkutat di sekitar P20 pada sesi latihan dan tidak bisa menembus 10 besar pada sesi kualifikasi, Mario Aji mengaku bingung dengan performanya di sirkuit Mugello, Italia selama dua hari terakhir.

"Di akhir FP3, saya sudah merasa enak dengan ban bekas tapi kami tidak mencapai lap yang cukup untuk membuat setting yang enak juga untuk ban baru," ucap Mario dalam siaran resmi Honda Team Asia, Minggu (11/6/2023).

"Di babak Q1 juga sama, tapi ditambah lagi saya terhambat oleh banyaknya pembalap yang menunggu di tikungan terakhir," tambahnya.

Hal tersebut menjadi krusial, karena melewati tikungan terakhir sirkuit Mugello dengan baik merupakan kunci untuk mencapai kecepatan yang bagus pada trek 'lurus' 1,141 kilometer setelahnya.

Para pembalap juga bisa melaju lebih cepat lagi jika mengikuti pembalap lain untuk membuka slipstream, yang menjadi alasan mengapa banyak pembalap yang menunggu di tikungan akhir.

Efek slipstream yang signifikan serta aksi saling tunggu dan melaju lambat di pinggiran racing line yang menjadi akibatnya memang menjadi salah satu masalah besar di kelas Moto3 yang dihadapi FIM dan Dorna.

Karena kehadiran gerombolan tersebut sedikit banyak akan mengganggu pembalap yang sedang menjalani flying lap, karena harus turut mengantisipasi pergerakan mereka.

Baca Juga: Mario Aji Kerja Keras, Deniz Oncu Tidak Terkejar di Kualifikasi Moto3 Italia 2023

"Karena itu, saya kehilangan banyak waktu di sana (lintasan lurus) dan tidak bisa mendapatkan waktu yang ideal," keluh Mario.

"Kami harus mengevaluasi apa yang akan kami lakukan pada balapan nanti, karena tahun lalu saya bisa menjalani balapan dengan baik dan mencetak poin, hal tersebut membuat saya tetap termotivasi," tandasnya.

Mario sendiri akan sedikit terbantu dengan posisi start P18 pada balapan Moto3 Italia 2023 yang akan berlangsung pukul 16.00 WIB sore nanti.

Seharusnya memulai balapan dari P26, Mario terkerek naik ke P18 setelah delapan pembalap dijatuhi hukuman start dari grid paling belakang akibat terbukti bersalah melaju terlalu lambat di lintasan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa