Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Impor dari India, Suzuki Buka Suara Peluang Produksi Lokal Grand Vitara

Wisnu Andebar - Sabtu, 3 Juni 2023 | 19:30 WIB
Suzuki Grand Vitara merupakan produk yang diimpor utuh alias CBU dari India
Rayhan Haikal/GridOto.com
Suzuki Grand Vitara merupakan produk yang diimpor utuh alias CBU dari India

GridOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) buka suara, mengenai peluang untuk memproduksi secara lokal Suzuki Grand Vitara di Tanah Air.

Seperti diketahui, Suzuki Grand Vitara yang saat ini dijual oleh SIS berstatus Completely Built Up (CBU) alias diimpor utuh dari India.

“Kami masih studi terkait produksi lokal, kami lihat apabila permintaannya besar ke depannya akan kami studi lagi untuk produksi di Indonesia," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2023).

Kendati demikian, Ia tidak menyebutkan secara rinci harus menyentuh penjualan sampai berapa unit agar Compact SUV tersebut bisa diproduksi di Indonesia.

“Kalau untuk ketentuan volume penjualan tidak mengikat, tapi kan tidak hanya itu saja ada hal lainnya yang perlu disiapkan juga," paparnya.

Dirinya juga tidak menampik apabila Suzuki Grand Vitara diproduksi di Indonesia akan memiliki harga jual yang lebih murah ketimbang impor utuh.

“Tergantung dengan fitur-fitur yang kami sematkan nantinya, kalau ada improvement fitur pasti kan ada penyesuaian harga, yang jelas produksi lokal pasti memperpendek jalur distribusi," jelas Donny.

Sekadar info, Compact SUV yang resmi meluncur di Indonesia pada Februari 2023 lalu ini dibekali mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet.

Mesin dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 136,8 Nm.

Baca Juga: Empat Bulan Menunggu, Konsumen Suzuki Grand Vitara Akhirnya Terima Unitnya

Kelebihan teknologi SHVS diklaim mampu mengurangi tingkat emisi gas buang sampai 15 persen dan mengurangi konsumsi bahan bakar saat tidak diperlukan dengan adanya fitur engine 
auto start-stop.

Grand Vitara dibekali dengan berbagai fitur fungsional baik di eksterior dan interior seperti Panoramic Sunroof, Automatic Transmission 6-Speed with Paddle Shift, Headunit touchscreen 9 inch dengan konektivitas smartphone, Cruise Control, Head-Up Display (HUD).

Kemudian Smartphone wireless charging, 6 Airbag, LED Projector Headlamp beserta Autolight with Guide Me Light, 360 Camera, serta Auto-Dimming Center Mirror yang disematkan Suzuki. 

Pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta ini dibanderol mulai Rp359,4 juta untuk tipe GL, Rp 384,4 juta tipe GX Single Tone, dan Rp 387,4 juta tipe GX Two Tone on the road (OTR) DKI Jakarta.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa