Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Larangan Permohonan Pembuatan SIM, Satunya Dianggap Tak Sopan

M. Adam Samudra - Sabtu, 20 Mei 2023 | 08:45 WIB
Ilustrasi foto SIM
Adam Samudra
Ilustrasi foto SIM

GridOto.com - Dokumen wajib yang perlu dibawa ketika mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya adalah Surat Izin Mengemudi (SIM).

SIM sendiri jadi bukti kompetensi dan legitimasi pengendara lolos serangkaian ujian yang ditetapkan oleh pihak kepolisian.

Namun ketika melakukan permohonan pembuatan SIM nyatanya banyak hal yang perlu kalian ketahui, salah satunya terkait pakaian yang digunakan.

Kasubdit SIM Korlantas Polri, Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo mengatakan semua pemohon SIM disarankan menggunakan pakaian yang sopan dan rapi serta wajib menggunakan celana panjang.

"Setidaknya rapi dan sopanlah, ya. Pakai celana panjang dan kaus berkerah supaya ketika difoto hasilnya juga memuaskan," kata Djati kepada GridOto.com, Sabtu (20/5/2023).

Jilbab Warna Biru 

Tak hanya itu saja, Djati menyarankan agar pemohon menghindari pakaian berwarna biru dan untuk pemohon wanita disarankan agar tak menggunakan kerudung berwarna biru juga.

Pasalnya karena latar belakang di foto berwarna biru, nanti khawatirnya menjadi tidak jelas.

Baca Juga: SIM CI dan CII Belum Berlaku, Bikers Moge Masih Pakai SIM C Polos

Sama halnya juga dengan SIM online , jangan pakai kerudung putih (untuk wanita) nanti tidak kelihatan karena background-nya berwarna putih.

Dilarang Gunakan Sandal

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa