Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Mesin, Fitur, Harga Toyota Yaris Cross dengan Hyundai Creta, Pilih Mana?

Wisnu Andebar - Selasa, 16 Mei 2023 | 14:00 WIB
Toyota Yaris Cross resmi meluncur
Dok. TAM
Toyota Yaris Cross resmi meluncur

GridOto.com - Toyota Yaris Cross secara resmi telah melakukan debut globalnya di Indonesia pada Senin (15/5/2023), dan menjadi lawan sepadan bagi Hyundai Creta.

Keduanya bermain di segmentasi yang sama dan Yaris Cross menjadi pendatang baru di kelas Compact Sport Utility Vehicle (SUV).

Sebelum membahas harga, GridOto.com akan membahas soal mesin dan fitur dari kedua model tersebut.

Mesin

Toyota Yaris Cross untuk pasar Indonesia memiliki dua pilihan mesin yakni bensin berkapasitas 1.496 cc berkode 2NR-VE 4 silinder DOHC.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,6 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm.

Sedangkan untuk varian hybrid menggunakan mesin baru berkode 2NR-VEX berkapasitas 1.496 cc, yang mampu menyemburkan tenaga 89 dk dan torsi 121 Nm.

Mesin hybrid tersebut dipadukan dengan motor listrik Permanent Magnet Sychronous Motor, yang mampu menghasilkan tenaga 79 dk dan torsi 141 Nm.

Tenaga dan torsi dari kedua mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda depan (FWD) menggunakan dua pilihan transmisi yakni manual dan eCVT.

Hyundai Creta sendiri memakai mesin Smartstream berkapasitas 1.500 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 115 dk dan torsi 144 Nm.

Baca Juga: Toyota Yaris Cross Dibanderol Rp 300-400 Jutaan, Cek Harga Calon Rivalnya Honda HR-V Mei 2023

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Fitur

Yaris Cross telah dilengkapi Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal.

Kemudian Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur Yaris Cross untuk memaksimalkan keamanan.

Adapun Hyundai Creta dilengkapi dengan fitur canggih seperti head unit 8 hingga 10,25 inci tergantung variannya, rem ABS, Cruise Control, Bluelink yang tersedia di tipe Trend sampai Prime, Wireless Charger, hingga Panoramic Sunroof.

Untuk fitur keselamatannya, Hyundai Creta telah dibekali teknologi Advance Driving Assist System (ADAS) yang diberi nama Hyundai Smartsense pada varian tertingginya.

Fitur Smartsense ini meliputi Surround View Monitor, Blind-spot View Monitor (BVM), Blind-spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoindace Assist (RCCA), Safe Exit Assist (SEA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Lane Following Assist (LFA).

Harga

Bicara soal harga, Toyota Yaris Cross belum dijual secara resmi sehingga baru diumumkan kisarannya mulai Rp 300 jutaan sampai Rp 400 jutaan.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, produksi Yaris Cross saat ini masih tahap persiapan.

"Jadi nanti penjualannya juga akan mengikuti setelah harga resminya diumumkan," kata Anton dalam acara peluncuran Yaris Cross di Jakarta Senin (15/5/2023).

Lalu harga Hyundai Creta untuk tipe terendahnya yakni Active MT dijual mulai Rp 291,3 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sementara untuk tipe tertinggi Hyundai Creta yaitu Prime IVT, unitnya ditawarkan Rp 408,3 juta OTR Jakarta.

Berikut daftar harga Hyundai Creta periode Mei 2023 selengkapnya:

Tipe Harga
Active MT Rp 291,3 juta
Trend MT Rp 313 juta
Trend IVT Rp 333,5 juta
Style IVT Rp 376 juta
Prime IVT Rp 408,3 juta
Dynamic Black Edition Rp 350 juta

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa