Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mohon Maaf, Toyota Yaris Cross Bukan Sebagai Pengganti Rush di Indonesia

Naufal Shafly - Selasa, 16 Mei 2023 | 07:05 WIB
Toyota Yaris Cross varian mesin bensin.
Radityo/GridOto.com
Toyota Yaris Cross varian mesin bensin.

GridOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya resmi memperkenalkan Yaris Cross, sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) Compact terbarunya di Tanah Air, pada Senin (15/5/2023).

Banyak pihak menyebut, Toyota Yaris Cross diproyeksikan sebagai pengganti Rush yang dikabarkan akan berakhir kiprahnya di Indonesia pada 2023 ini.

Ditambah status Toyota Rush yang belum juga mendapatkan major facelift, sejak generasi keduanya diluncurkan pada 2017 silam.

Vice President TAM, Henry Tanoto, dengan tegas membantah anggapan tersebut karena pihaknya tidak pernah berniat menggantikan Toyota Rush dengan Yaris Cross.

"Kendaraan ini baru dan bukan sebagai pengganti Rush. Dari sisi produk, Yaris Cross merupakan segmen medium SUV 5-seater dan Rush itu medium SUV 7-seater," ucap Henry di Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Ia menambahkan, segmentasi pasar dari kedua model ini juga terus berkembang sehingga Toyota ingin mempertahankannya.

"Kalau kami lihat dua segmen ini cukup penting, makanya kami introduced (perkenalkan) Yaris Cross untuk memberikan solusi atas kebutuhan customer di segmen tersebut," kata Henry.

Ilustrasi Toyota Rush.
Dok. Otomotif
Ilustrasi Toyota Rush.


Jika melirik komposisi produk di pasar Indonesia saat ini, Toyota Rush bersaing di segmen LSUV dengan Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Sementara Yaris Cross akan menghadapi banyak kompetitor, seperti Honda HR-V, Suzuki Grand Vitara, Hyundai Creta, Wuling Alvez serta Chery OMODA 5.

Baca Juga: Jawaban Toyota Soal Kemungkinan Mesin Hybrid Yaris Cross Disematkan ke Model Lain

Terkait harga, Toyota Rush saat ini dibanderol mulai Rp 280,2 juta sampai dengan Rp 303,6 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sedangkan Yaris Cross Toyota saat ini belum diumumkan banderol resminya, namun disebut bakal bermain di rentang Rp 300 juta hingga Rp 400 jutaan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa