Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jawaban Manajemen Soal Nasib Bus Double Decker PO Safari Dharma Raya Setelah Trayeknya Ditutup

Naufal Shafly - Rabu, 10 Mei 2023 | 20:30 WIB
Armada bus tingkat PO Safari Dharma Raya yang melayani rute Jakarta-Jatipuro.
Instagram: @safaridharmasakti
Armada bus tingkat PO Safari Dharma Raya yang melayani rute Jakarta-Jatipuro.

GridOto.com - Perusahaan Otobus (PO) Safari Dharma Raya belum memutuskan masa depan bus tingkat atau double decker mereka, setelah pamit dari trayek Jakarta-Jatipuro terhitung mulai 7 Mei 2023.

Dengan ditutupnya trayek tersebut, otomatis bus double decker Safari Dharma Raya statusnya Perpal alias prei ngaspal.

Menurut Kepala Operasional PT Safari Dharma Sakti, Kemal Maulana, saat ini manajemen masih mempertimbangkan rute mana yang sekiranya akan menjadi 'wilayah tempur' double decker dengan nama Khaleesi tersebut.

"Sementara ini masih belum kami pindah rute, kami masih mencari rute yang terbaik," ucap Kemal saat dihubungi GridOto.com, Senin (8/5/2023).

Kemal menambahkan, double decker Khaleesi merupakan satu dari dua armada Safari Dharma Raya yang beroperasi di rute Jakarta-Jatipuro.

"Kami awal jalan di rute Jakarta-Jatipuro ada dua unit. Satu bus tingkat, satu lagi bus executive non-tingkat," tuturnya.

Namun, beberapa waktu lalu unit bus executive non-tingkat yang dimaksud sudah dipindah tugaskan ke rute Bima, Nusa Tenggara Barat.

Bicara soal double decker, Khaleesi merupakan satu-satunya armada bus tingkat milik Safari Dharma Raya.

Bus ini bisa dikatakan sebagai unit langka, karena merupakan satu-satunya bus double decker yang dibuat oleh karoseri Morodadi Prima.

Baca Juga: PO Safari Dharma Raya Terpaksa Pamit dari Trayek Ini, Manajemen Ungkap Alasannya

Sedikit spesifikasinya, Khaleesi dibangun menggunakan sasis di atas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 252 yang memiliki mesin 11.967 cc 6-silinder segaris dengan turbocharger intercooler.

Mengutip berbagai sumber, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 422 dk di 1.900 rpm dan torsi maksimal 1.900 Nm di 1.100 rpm.

Tenaga dan torsi besar yang dihasilkan mesin tersebut, dialirkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan ke roda belakang.

Dari segi eksterior, desain bodi yang diberi nama Patriot Double Decker ini tergolong unik karena memiliki bentuk sangat kotak khas bus-bus Eropa.

Selain itu, keunikan lainnyan terdapat pada spion yang dapat ditekuk secara elektrik.

Beralih ke interiornya, bus ini memiliki 48 kursi dengan konfigurasi 2+2 serta fasilitas yang diberikan berupa legrest, USB port, toilet dan smoking area.

Menarik ditunggu, rute mana yang akan menjadi trayek Khaleesi berikutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa