Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Brio Facelift Minggir Dulu, Segini Penjualan Toyota Agya Terbaru Hingga Awal Mei 2023

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 9 Mei 2023 | 17:05 WIB
Toyota sudah menerima lebih dari tiga ribu pemesanan untuk Agya terbaru hingga awal Mei 2023.
Dok. TAM
Toyota sudah menerima lebih dari tiga ribu pemesanan untuk Agya terbaru hingga awal Mei 2023.

GridOto.com - Lupakan sejenak Honda Brio facelift, intip dulu penjualan Toyota Agya terbaru yang menjadi rival terkuatnya di Indonesia hingga saat ini.

Sejak diluncurkan generasi keduanya pada Februari 2023 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim telah menerima lebih dari tiga ribu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Agya terbaru.

“Untuk Agya, baik yang LCGC maupun yang GR Sport, secara SPK ada di level 3.500-an ya total semenjak diluncurkan hingga masuk awal Mei 2023,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM saat dihubungi GridOto belum lama ini.

Lanjut menurut Anton, porsi terbanyak penjualan Toyota Agya berasal dari varian G yang masih bermain di segmen Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), atau lebih tenar dengan istilah LCGC.

Harga lebih terjangkau dengan rombakan besar yang diberikan, pun disinyalir jadi faktor utama yang membuat varian tersebut lebih diminati lewat kontribusinya yang tembus 90 persen.

“Dari total komposisi antara Toyota Agya LCGC dan GR Sport, kira kira 90 persen di LCGC dan 10 persen di GR Sport,” papar Anton lagi.

Toyota Agya varian G dan E yang bermain di segmen LCGC (Kiri), lebih diminati ketimbang varian GR Sport (Kanan).
Aries Aditya/GridOto.com
Toyota Agya varian G dan E yang bermain di segmen LCGC (Kiri), lebih diminati ketimbang varian GR Sport (Kanan).

Demi menjaga momentum serta layanan kepada konsumen, Anton pun memastikan pihaknya akan terus mengawal ketersediaan unit Agya terbaru di pasar.

Adapun hingga akhir Mei 2023 nanti, ditargetkan lebih dari 4.300 unit Agya terbaru bisa dikirimkan kepada para konsumennya di Tanah Air.

“Kami pastikan Supply ke dealer juga aman, kami sudah targetkan masuk bulan ini ada di level 4.300-an," jelas pria yang hobi mengemudi ini.

“Sebagian sebanyak atau sekitar 2.700-an unit sudah terkirim ke konsumen secara ritel sampai akhir bulan lalu,” pungkasnya.

Baca Juga: Honda Pede Brio Facelift Bisa 'Terkam' Duo Agya-Ayla Terbaru, Targetkan Bisa Terjual Enam Ribu Unit Per Bulan

Sekadar informasi, Toyota Agya terbaru kini memiliki dimensi yang lebih besar namun tetap kompak berkat advanced all-new platform yang diusung.

Pesaing Honda Brio Satya dan RS tersebut kini memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda  2.525 mm.

Enggak cuma platform baru, Toyota Agya generasi kedua ini juga dibekali mesin dan transmisi baru yang membuatnya seolah ‘naik kelas’. 

Toyota Agya terbaru mengusung mesin yang serupa dengan Raize, yakni berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc tiga silinder segaris 12 valve DOHC dengan Dual VVT-i.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 112,9 Nm pada 4.500 rpm

Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan ke roda depan (Front Wheel Drive) melalui transmisi CVT (Continously Variable Transmission).

Khusus untuk Toyota Agya varian GR Sport, disebutkan mengalami setingan baru di bagian setir dan suspensi.

Diklaim sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa