Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tegang! Detik-detik Bus Rem Blong di Sitinjau Lauik, Pak Ogah Jadi Pahlawan

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 3 Mei 2023 | 12:00 WIB
tangkap layar aksi pak ogah menyelamatkan bus yang mengalami rem blong di Sitinjau Lauik.
Instagram @mood.jakarta
tangkap layar aksi pak ogah menyelamatkan bus yang mengalami rem blong di Sitinjau Lauik.

GridOto.com - Beredar di media sosial, video yang memperlihatkan detik-detik sebuah bus mengalami rem blong di tanjakan legendaris Sitinjau Lauik, Sumatera Barat.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @mood.jakarta pada Selasa (2/5/2023), diperlihatkan bus PO ANS melaju di sisi turunan sambil menyalakan lampu hazard.

Dilihat dari pergerakan bodi bus yang memantul, tampaknya sang sopir sedang berusaha memperlambat laju kendaraan dengan cara menurunkan gigi.

Menyadari ada bus yang rem blong, seorang pak ogah langsung berinisiatif mengambil balok batu dan melemparnya ke bagian belakang bus agar ban bisa terganjal dan menghentikan lajunya.

Langkahnya mengganjal ban bus dengan balok kayu diikuti dengan pak ogah yang lain sehingga bus tersebut bisa berhenti dengan aman.

Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah mendapatkan 77 ribu lebih likes dan banyak mendapatkan komentar dari warganet yang memuji aksi pak ogah tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FOLK MOOD MEDIA (@mood.jakarta)

Nah yang menjadi pertanyaan, kira-kira apa yang menyebabkan bus atau kendaraan besar lainnya kerap mengalami rem blong di turunan tajam?

Menurut Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan, hampir semua kecelakaan bus dan truk terjadi di jalan menurun karena medan jalan yang miring.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo Hingga Enam Orang Meninggal Dunia, Diduga Akibat Truk Rem Blong 

“Lebih dari 90 persen kecelakaan rem blong bus dan truk terjadi di jalan menurun, hal ini dipengaruhi oleh geometric jalan,” ucap Wildan, dikutip dari Kompas.com, Senin (5/12/2022) lalu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa