Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Korlantas Polri Sebut One Way di KM 72 Tol Cipali-KM 414 GT Kalikangkung Diperpanjang Hingga Jam 12.00 WIB

M. Adam Samudra - Kamis, 20 April 2023 | 20:59 WIB
Rekayasa one way diberlakukan di Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Kalikangkung selama mudik Lebaran 2023, lantas kendaraan dari Brebes yang mau ke Jakarta diarahkan ke mana?
Kompas.com/Aprida Mega Nanda
Rekayasa one way diberlakukan di Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Kalikangkung selama mudik Lebaran 2023, lantas kendaraan dari Brebes yang mau ke Jakarta diarahkan ke mana?

GridOto.com - Sistem rekayasa lalu lintas One Way dari Tol Cikampek KM 72 kembali diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung pada hari ini hingga pukul 12.00 WIB, Kamis (20/4/2023).

Tadinya, one way akan berakhir pada Rabu (19/4) pukul 24.00 WIB.

Namun karena arus kendaraan dari arah Jakarta masih banyak, polisi pun memperpanjang one way. 

"Berdasarkan hal tersebut diatas, maka rekayasa lalu lintas one way di hari ketiga mudik yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 wib hari ini kamis 20 april 2023, masih akan terus dilanjutkan," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi melalui keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Selain itu, polisi juga menerapkan contraflow dari KM 36 s/d KM 70 Gerbang Tol Cikampek.

Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran oneway masih terdapat peningkatan volume lalulintas yang signifikan dari Jakarta ke arah timur.

Maka dari itu dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalulintas oneway (dapat dilanjutkan atau diakhiri dan lalu lintas kembali normal 2 arah).

Baca Juga: Viral Macet Panjang di Ruas Tol Jakarta Menuju Jawa Tengah, Hoax atau Fakta?

Berdasarkan data dan kondisi yang dihimpun dari pengamatan CCTV, traffic counting dan petugas di lapangan, hingga pukul 21.00 WIB (Rabu) terdapat sumber arus bangkitan (peningkatan volume kendaraan) dari Jakarta (barat) pada lokasi Tomang, Semanggi, JORR dari arah Pondok Indah dan pertemuan di KM 48 elevated.

Eddy menyebut traffic counting di KM 50 A selama 3 jam berturut-turut volume kendaraan mencapai rata-rata 4.567 kendaraan per jam.

"Sementara itu, traffic counting di Tol Cipali KM 190 Palimanan selama 3 jam berturut-turut rata-rata 4.953 kendaraan per jam. Dengan demikian, kondisi tersebut masuk kategori untuk diberlakukan one way (satu arah)," kata Eddy. 

Eddy pun menghimbau agar para pemudik untuk selalu memperhatikan informasi sebelum melakukan perjalanan.

"Cek Google Maps sebelum melakukan perjalanan karena Google Maps sudah mengikuti diskresi kepolisian," ucapnya.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa