Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warga Ancol Mudik ke Pemalang Naik Motor Gerobak, Cuma Habis Bensin 20 Liter dan Bayarnya Patungan

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 19 April 2023 | 11:46 WIB
Beberapa warga dari Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, menggunakan motor gerobak untuk mudik Lebaran ke Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023).
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Beberapa warga dari Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, menggunakan motor gerobak untuk mudik Lebaran ke Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023).

GridOto.com - Warga yang tinggal di Kampung Muka, RW 04 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, punya cara unik untuk menghemat biaya mudik lebaran mereka.

Sejumlah warga memilih menggunakan motor roda tiga atau dikenal sebagai motor gerobak untuk perjalanan mudik lebaran mereka ke Pemalang, Jawa Tengah.

Pada Selasa malam tanggal 18 April 2023, lima warga Kampung Muka Ancol terlihat sibuk mengemas barang-barang mereka di salah satu warung makan di lokasi.

Mereka mengumpulkan tas berisi pakaian, kardus berisi oleh-oleh, serta tas lainnya berisi keperluan mandi dan memindahkannya ke dalam satu unit motor gerobak merek Viar yang sudah dilengkapi dengan atap pelindung tambahan.

Barang bawaan mereka dirapikan di bak beratap yang terletak di belakang motor gerobak, sedangkan mereka diberi ruang untuk duduk nyaman selama perjalanan ke Pemalang.

Pemilik motor gerobak dan calon pemudik dari Kampung Muka Ancol, Wagino (52), menjelaskan bahwa ini adalah kedua kalinya ia melakukan mudik menggunakan motor gerobak.

Alasan utama ia memilih motor gerobak untuk mudik adalah biaya transportasi umum yang terus meningkat.

"Ini mudik pakai gerobak motor, soalnya kalau pakai mobil (travel atau bus) tahu sendiri, minimal habis Rp 300 ribu, itu baru satu orang," ujar Wagino.

Namun, biaya yang dikeluarkan untuk mudik menggunakan motor gerobak ternyata lebih murah jika dihitung secara patungan. Perjalanan menuju Pemalang diperkirakan akan menghabiskan 20 liter bensin.

Baca Juga: Kurangi Biaya Mudik, Pria Ini Nekat Pakai Bajaj Juragannya dari Jakarta ke Boyolali 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa