Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengalaman PO Bus Jadi Korban Skema One Way Mudik Lebaran, Terjebak Macet Sampai 12 Jam

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 8 April 2023 | 09:35 WIB
PO Bus Bejeu mencertikan kisahnya jadi korban skema one way saat mudik lebaran, terjebak macet sampai 12 jam.
Warta Kota/Joko Supriyanto
PO Bus Bejeu mencertikan kisahnya jadi korban skema one way saat mudik lebaran, terjebak macet sampai 12 jam.

GridOto.com - Pada masa mudik Lebaran 2023, pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah jalur mudik.

Rekayasa lalin disiapkan ketika situasi arus volume kendaraan yang masuk sangat padat sehingga berpotensi menyebabkan kemacetan.

"Skenario rekayasa kami persiapkan, mulai ganjil genap sampai contraflow, sampai one way. Itu semuanya kami siapkan," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (6/4/2023).

Namun, pengusaha bus justru merasa dibebani oleh kebijakan one way yang akan diberlakukan di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga tol Jawa Tengah (Jateng) mulai 18 April 2023.

Pemilik Perusahaan Otobus (PO) Bejeu, M Iqbal Tosin mengatakan, kebijakan one way tersebut memberatkan angkutan umum, khususnya bagi pelanggan luas.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman mudik Lebaran tahun lalu, pemberlakuan one way membuat kemacetan yang pada akhirnya merugikan penumpang.

"Mengacu tahun kemarin, misal jadwal berangkat Rabu, bisa jadi busnya baru bisa jalan lagi Kamis atau Jumat membawa pemudik. Masalah keruwetan jalan itu terjadi di arteri Pantura," ujar Tosin, diktuip dari Tribunnews.com, Jumat (7/4/2023).

Pengalaman pada arus mudik Lebaran sebelumnya, armada busnya pernah terjebak macet di jalur arteri Pantura lebih 12 jam, tepatnya di Simpang Jomin.

"Penumpang yang mau mudik naik ke busnya kena macet lebih dari 12 jam gara-gara skema one way," keluh Tosin yang juga pengurus Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI).

Baca Juga: PO Gunung Harta Luncurkan Lima Bus Double Decker Mewah, Siap Layani Mudik Lebaran 2023

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa