Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

ION Mobility Bakal Tampil Agresif di Indonesia, Siapkan Amunisi Baru Hingga Fasilitas Produksi Lokal

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 30 Maret 2023 | 10:05 WIB
ION Mobility siapkan produk baru serta fasilitas produksi di Indonesia
Muslimin Trisyuliono/GridOto.com
ION Mobility siapkan produk baru serta fasilitas produksi di Indonesia

GridOto.com - Usai melakukan debut pada November 2022 lalu yang ditandai lewat peluncuran motor listrik M1-S, ION Mobility tegas menyatakan siap tampil agresif di Indonesia.

Brand motor listrik asal Singapura itu juga menebar bocoran terkait strategi mereka, termasuk amunisi terbaru ION Mobility untuk diluncurkan ke depannya.

Founder and CEO of ION Mobility, James Chan, pun berharap dapat memperkenalkan setidaknya satu hingga dua motor listrik guna memperkaya lini produknya di Indonesia.

“M1-S hanyalah yang pertama dari serangkaian motor listrik yang kami rencanakan untuk Indonesia,” ujar James kepada GridOto.com belum lama ini.

“Saat ini kami sedang mengerjakan setidaknya dua model motor lainnya, namun untuk kedua model tersebut belum memiliki jadwal yang tentu untuk peluncurannya,” imbuhnya.

Tidak hanya produk baru, fasilitas produksi juga menjadi perhatian ION Mobility dalam menguatkan eksistensinya di pasar otomotif Tanah Air.

Sekaligus jadi pendorong utama mereka untuk mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 50 persen, yang diharapkan bisa tercapai pada akhir tahun ini.

Sebagai tahap awal, jalur perakitan battery pack di kawasan Jakarta Timur sedang dipersiapkan merek motor listrik asal Singapura tersebut.

Adapun peta jalan produksi secara konprehensif tetap dalam pemikiran, kemungkinan besar akan berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Jalin Kerja Sama, ION Mobility Gaet PLN Buat Solusi Pengisian Daya Motor Listrik

“Kami sedang menyelesaikan TKDN paket baterai kami dengan Kementerian Perindustrian untuk mendapatkan persentase TKDN akhir (dan akurat), dan berharap dapat memberi pembeli informasi terbaru di kemudian hari,” papar James lagi.

“Sementara itu, saya dan tim sedang bekerja keras dalam mempersiapkan fasilitas baterai yang berlokasi di Jakarta Timur. Kami berharap pabrik baterai internal kami akan beroperasi pada akhir Q3 2023,” tutup pria yang sempat meniti karier di perusahaan Fintech ini.

Sekadar informasi, untuk saat ini produk pertama dan satu-satunya motor listrik dari ION Mobility adalah M1-S dari M series.

Hadir dengan konsep big skutik, punya garis desain yang sporty dengan tampilan sekilas mirip Yamaha XMAX.

Secara teknis, motor penggeraknya pakai tipe mid drive bertenaga 16,8 dk dengan torsi maksimum 43 Nm dan top speed hingga 105 km/jam.

Sementara baterainya pakai model tanam, punya spek 72V dengan pilihan kapasitas 48Ah atau 60Ah yang punya jarak tempuh maksimal hingga 150 km.

Fiturnya tergolong lengkap, seperti lampu full LED, panel instrumen digital TFT 7 inci, port USB dan keyless system.

ION Mobility menawarkan M1-S dalam dua varian, dengan pilihan jarak tempuh 150 Km dan 120 Km.

Ngomongin harga, untuk M1-S varian 150 Km dibanderol Rp 56 juta dan varian dengan jarak tempuh 120 Km seharga Rp 49 juta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa