Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Ini Titik Rawan Macet saat Mudik Lebaran 2023, Berikut Lokasinya!

M. Adam Samudra - Rabu, 29 Maret 2023 | 09:10 WIB
Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada H-1 Idulfitri 1444 H.
Kompas.com
Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada H-1 Idulfitri 1444 H.

GridOto.com - Jelang arus Mudik Lebaran 2023, pemerintah dan aparat kepolisian mengantisipasi lonjakan mobilitas yang akan memicu kemacetan di jalur transportasi darat, khususnya jalan tol.

Polri mengidentifikasi titik bottle neck atau 'leher botol’, istilah yang diartikan jalur menyempit yang berpotensi menimbulkan kemacetan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

"Untuk di Tol pada lokasi bottle neck, rest area maupun gerbang dan exit, serta lokasi apabila terjadi laka lantas maupun kendaraan yang mogok atau rusak," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi saat dihubungi GridOto.com, Rabu (29/3/2023)

Sementara untuk di jalan arteri, kemacetan kawasan wisata antara lain lokasi Pasar tumpah, lokasi bottle neck maupun lokasi yang akan menuju ke lokasi masuk daerah wisata, lokasi Lakalantas maupun kendaraan mogok atau rusak.

"Yang sedang kita antisipasi lagi supaya nggak ada kemacetan di Puncak pastinya, kemudian di semua kawasan wisata terutama wisata yang alam seperti laut kaya di Pengandaran, kemudian di sekitar Batu Raden Purwokerto, kemudian di sekitar Ungaran ke arah atas itu juga potensi kemacetan," jelasnya.

"Dan untuk jalan nasional biasanya yang kita amati kemacetan terjadi dari sekitar antara Bawen, Salatiga sampai dengan ke arah Kartosuro (Jawa Tengah) itu juga rawan, termasuk Magelang sampai Jogja," imbuhnya.

Jika dilihat dari mudik tahun lalu berikut daftar titik gerbang tol rawan macet mudik yang perlu diwaspadai terutama bagi para pemudik dengan tujuan ke wilayah Jawa.

Baca Juga: Mantap Nih Buat Mudik Lebaran Harga Mobil Bekas Hyundai H-1 Rp 100 Jutaan

  1. GT Cikupa
  2. Merak
  3. Halim
  4. Cikunir 2-6
  5. Cikampek Utama
  6. Kali Hurip Utama
  7. Palimanan
  8. Cileunyi
  9. Padalarang
  10. Pasteur
  11. Ciawi
  12. Pejagan
  13. Brebes
  14. Pemalang
  15. Kalikangkung
  16. Krapyak
  17. Banyumanik
  18. Kejapanan
  19. Singosari
  20. Pandaan
  21. Sidoarjo 2
  22. Porong Sidoarjo
  23. Gunung Sari.

Meski begitu, tim Korlantas yang nanti ditugaskan akan mempersiapkan sejumlah strategi untuk mengurai kepadatan selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2023.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa