Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Mudik, Berikut Komponen Mobil yang Perlu Dicek Sebelum Perjalanan Jarak Jauh

Wisnu Andebar - Minggu, 26 Maret 2023 | 11:11 WIB
Sebelum mudik, ini komponen mobil yang perlu dicek
Radityo Herdianto / GridOto.com
Sebelum mudik, ini komponen mobil yang perlu dicek

GridOto.com - Momen libur Lebaran 2023 biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman, salah satunya menggunakan mobil pribadi.

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh untuk mudik, ada baiknya memerhatikan beberapa komponen mobil untuk memastikan kondisinya dalam keadaan prima.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana mengatakan, bahwa hal paling mendasar sebelum melakukan perjalanan jauh adalah mengecek radiator.

Pasalnya, radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin, terutama jika digunakan untuk perjalanan jauh.

"Coba periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak. Jika mobil yang digunakan sudah berumur sebaiknya kuras air radiator terlebih dahulu sebelum berangkat," ujar Brahma belum lama ini.

Komponen lainnya yang perlu diperhatikan sebelum melakukan jarak jauh adalah ban mobil.

Sobat bisa melihat apakah keadaan ban masih layak pakai, serta jangan sampai lupa untuk mengecek tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan.

Lanjut menurut Brahma, oli transmisi juga merupakan bagian penting yang perlu diperiksa kondisinya.

Ia menjelaskan, oli transmisi untuk mobil manual disarankan untuk ganti apabila mobil sudah menempuh jarak 20 ribu kilometer.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis Kemenhub Dengan Kereta Api dan Kapal Laut Masih Tersedia

Sedangkan pada mobil bertransmisi matik, disarankan melakukan pengecekan oli transmisi setiap 40 ribu kilometer.

Jika ditemukan kekurangan pada oli transmisi sebaiknya segera ditambah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem transmisi.

“Pada mobil matik, sistem transmisi bisa mengalami keausan yang imbasnya akan ada partikel kotoran seperti debu halus. Lama kelamaan debu ini bisa mengubah kualitas pelumas seperti viskositas maupun warna," terangnya.

"Apabila oli matik warnanya menjadi lebih gelap ada baiknya transmisi matik dilakukan flushing atau pengurasan oli secara total,” sambung Brahma.

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah aki mobil, dan mengecek volume air aki jika menggunakan jenis aki basah.

Cek juga bagian terminal dan kualitas air aki. Aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Selanjutnya adalah sistem pengereman dengan memeriksa ketebalan kampas rem, minyak rem, dan pastikan tidak ada kebocoran.

Terakhir, ganti oli mesin dengan tujuan agar kondisi mesin mobil tetap prima saat melakukan perjalanan jauh.

"Sebab selama mudik tentu akan melalui berbagai kondisi jalan yang tidak biasa dilewati dan volume kendaraan di jalan biasanya akan padat," tuturnya.

"Itu sebabnya sebaiknya lakukan penggantian oli mesin supaya kondisi mesin tetap terlindungi," pungkas Brahma.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa