Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Motor Bagian Belakang Lebih Cepat Botak Dibanding Depan, Ternyata Ini Sebabnya

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 24 Maret 2023 | 19:20 WIB
Ilustrasi ban belakang
Dida / GridOto.com
Ilustrasi ban belakang

GridOto.com - Ban motor merupakan salah satu komponen yang berperan penting, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan saat sobat sedang berkendara.

Maka dari itu, penting untuk memastikan kondisi ban motor dalam kondisi prima, misalnya mengganti dengan ban baru saat sudah aus atau botak.

Namun bila diperhatikan lagi, ban motor bagian belakang akan lebih cepat aus dibandingkan bagian depan.

Tech. Service Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR, Jimmy Handoyo, pun membenarkan anggapan tersebut.

"Betul, sebenarnya karena penggerak roda belakang sehingga lebih cepat habis, karena berputarnya lebih ekstra dibanding depan," ujar Jimmy di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lanjut menurutnya, ban belakang juga berfungsi sebagai penahan beban kendaraan sehingga menyebabkan jadi lebih cepat aus.

"Kedua beban motor, memang terlihat seimbang tetapi lebih makan ban yang di belakang, makanya yang di belakang lebih cepat habis," jelas Jimmy.

Ilustrasi ban yang sudah botak
Uje
Ilustrasi ban yang sudah botak

Baca Juga: Pasti Belum Banyak yang Tahu, Titik Kuning di Dinding Ban Motor, Nih Dia Fungsinya

Untuk perbandingan interval penggantian ban, ia menyebut tergantung dari individu pengendaranya, seperti pemakaian dan gaya berkendara.

"Rata-rata satu kali ban depan itu dua kali ban belakang, atau satu kali ban depan tiga kali ban belakang. Itu tergantung dari pemakaian dan gaya berkendara stop and go akan cepat habis," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa