Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subsidi Kendaraan Listrik

Dapat Subsidi Rp 7 Juta dari Pemerintah, Kandungan Lokal Motor Listrik Gesits Diklaim Sudah Tembus 40 Persen

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 21 Maret 2023 | 18:50 WIB
Dapat subsidi motor listrik pemerintah, TKDN motor listrik Gesits ternyata sudah  jauh melebihi 40 persen yang diminta.
Farhan
Dapat subsidi motor listrik pemerintah, TKDN motor listrik Gesits ternyata sudah jauh melebihi 40 persen yang diminta.

GridOto.com - Gesits menjadi salah satu merek yang mendapatkan subisidi motor listrik dari pemerintah, yang berlaki mulai Senin (20/3/2023) kemarin.

Dengan demikian, para konsumen yang masuk dalam kriteria penerima subidi pun bisa menikmati potongan Rp 7 juta ketika ingin membeli motor listrik Gesits.

Saat ini Gesits memiliki dua produk motor listrik, yaitu Gesits G1 dan Gesits Raya yang baru meluncur di IIMS 2023 pada Februari lalu.

Bernardi Djumiril, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen motor listrik Gesits mengklaim, kedua produknya memenuhi kriteria untuk mendapatkan subsidi pemerintah.

"Ya, dua-duanya dapat karena G1 itu TKDN nya sudah 46 persen, sementara untuk Gesits Raya itu sudah jauh melebihi 46 persen," ucapnya dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2023).

"Bahkan TKDN-nya mencapai 60 persen menurut proses perhitungan secara internal kami," imbuh pria yang akrab disapa Ardi itu.

Angka tersebut menjadi penting, mengingat TKDN atau kandungan lokal yang mencapai 40 persen menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan subsidi motor listrik pemerintah.

Tidak tinggal diam, Ardi mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kandungan lokal dari motor listrik Gesits.

Salah satu yang sedang mereka rencanakan adalah memproduksi lebih banyak lagi komponen lokal untuk digunakan di lini produk motor listrik mereka.

Baca Juga: Dapat Subsidi Kendaraan Listrik, Harga Motor Listrik Gesits Jadi Tinggal Segini

"Komponen yang kira-kira sudah bisa dibuat seperi rem cakram, kabel listrik, jadi macam-macam lah," ucap Ardi dalam kesempatan yang sama.

"Jadi produk-produk yang akan kami kembangkan pada tahun-tahun mendatang termasuk dari tahun ini, itu akan terus meningkat TKDN-nya," tambahnya.

"Insya Allah dengan adanya baterai lokal juga nanti (TKDN-nya) bisa mencapai 90 persen," tutup Ardi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa