Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Labuan Bajo-Golo Mori Resmi Dibuka Presiden Jokowi, Pangkas Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 14 Maret 2023 | 19:25 WIB
Presiden Jokowi resmikan jalan baru Labuan Bajo- Golo Mori di NTT
Dok. Kementerian PUPR
Presiden Jokowi resmikan jalan baru Labuan Bajo- Golo Mori di NTT

GridOto.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jalan baru Labuan Bajo menuju Golo Mori di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peresmian Jalan Labuan Bajo-Golo Mori dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan penandatanganan prasasti di KM 16 pada hari ini, Selasa (14/03/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan jalan akses Labuan Bajo-Golo Mori bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dalam rangka pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

"Kawasan antara Labuan Bajo-Golo Mori nantinya dapat berkembang dengan baik serta pengembangan Labuan Bajo akan semakin terdukung oleh fasilitas jalan yang kita bangun," ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (14/03/2023).

Presiden Jokowi resmikan jalan baru Labuan Bajo- Golo Mori di NTT


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menambahkan peningkatan jaringan infrastruktur jalan akan memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan.

"Dulu ruas menuju Desa Golo Mori merupakan jalan tanah dan berbatu dengan jarak tempuh 3 jam. Sekarang cukup ditempuh dalam 30 menit dari Kota Labuan Bajo, dengan pemandangan yang sangat indah," ucap Basuki.

Seperti diketahui, akses Labuan Bajo-Golo Mori mulai dibangun pada April 2022 dengan anggaran APBN senilai Rp 481 miliar.

Baca Juga: Jalur Shortcut Singaraja-Mengwitani Resmi Diresmikan, Boleh Dilewati Mobil dan Motor, Truk dan Bus Masih Dilarang

Pembangunan jalan ini sepanjang 25 kilometer terbagi menjadi 5 segmen, yaitu Labuan Bajo-Simpang Nalis sepanjang 6,15 kilometer, Simpang Nalis-Simpang Kenari sepanjang 6,50 kilometer.

Kemudiaan Simpang Kenari-Warloka sepanjang 5,10 kilometer, Warloka-Tanamori sepanjang 4,25 kilometer, dan peningkatan jalan menuju Desa Golo Mori sepanjang 3 kilometer.

Presiden Jokowi resmikan jalan baru Labuan Bajo- Golo Mori di NTT
Dok. Kementerian PUPR
Presiden Jokowi resmikan jalan baru Labuan Bajo- Golo Mori di NTT

Selain jalan, dilakukan peningkatan kualitas 4 jembatan yakni Jembatan Nanganae 60 meter, Jembatan Wae Mburak 35 meter, Jembatan Wae Kenari 40 meter, dan Jembatan Soknar 40 meter.

Di kesempatan yang sama, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, menjelaskan pembangunan Akses Labuan Bajo-Golo Mori juga mengedepankan estetika dan keberlanjutan lingkungan.

"Jalan wisata ini termasuk jalan dua lajur yang sifatnya arterial. Jadi kami harap masyarakat menjaga," ungkap Hedy.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa