Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fasilitas Uji Kendaraan Alias Proving Ground Ditargetkan Kelar Akhir Tahun

M. Adam Samudra - Rabu, 1 Maret 2023 | 20:07 WIB
Proving ground di Bekasi
Kemenhub
Proving ground di Bekasi

GridOto.com - Kehadiran fasilitas Proving Ground atau tempat pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional di Indonesia diharapkan selesai akhir tahun 2023.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat menyaksikan penandatanganan Loan Agreement antara Konsorsium Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG).

IIAPG sendiri adalah pemenang tender proyek Proving Ground dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek Proving Ground.

"Dengan ditandatanganinya Loan Agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan Proving Ground di awal tahun ini, dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini,” ucap Budi melalui keterangan resminya, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya, pembangunan Proving Ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif, baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor.

Menhub menjelaskan, kehadiran Proving Ground juga penting untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Baik dari sisi keselamatan dan keamanan (safety), kenyamanan, dan juga rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

Lebih lanjut Budi berharap, kerja sama pembangunan Proving Ground akan semakin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang, yang sudah terjalin baik selama 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPR RI/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel,  yang turut menyaksikan penandatanganan Loan Agreement, mengatakan proyek Proving Ground akan memperkuat hubungan yang saling menguntungkan antar kedua negara.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenhub dan Kepolisian Atur Strategi Lebaran 2023

Ia menambahkan, kehadiran Proving Ground ini juga akan meningkatkan industri otomotif Jepang yang mayoritas ada di Indonesia.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa