Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Akio Toyoda Mundur Sebagai Presiden Toyota, Digantikan Bos Lexus dan GAZZOO Racing

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 27 Januari 2023 | 17:40 WIB
Akio Toyoda resmi mudur dari jabatannya sebagai Presiden Toyota Motor Corporation (TMC).
Noriaki Mitsuhashi/N-RAK PHOTO AGENCY
Akio Toyoda resmi mudur dari jabatannya sebagai Presiden Toyota Motor Corporation (TMC).

GridOto.com - Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda, resmi mengundurkan diri setelah 14 tahun menjabat sebagai orang nomor satu di raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Koji Sato yang saat ini menjabat sebagai Presiden Lexus dan GAZZOO Racing, pun didapuk untuk maju menggantikan Toyoda yang terhitung efektif mulai 1 April 2023.

Adapun pengumuman resmi yang cukup mengejutkan ini, telah disiarkan TMC melalui kanal YouTube Toyota Times Global, pada Rabu (26/1/2023) kemarin.

"Dia (Sato) merupakan sosok pekerja keras dan sangat menjunjung tinggi filosofi, teknik serta budaya Toyota. Itulah ciri-ciri yang saya inginkan dan diwujudkan oleh siapa pun yang berdiri di puncak Toyota," ujar Toyoda dikutip dari toyotatimes.jp.

Toyoda juga menganggap Sato merupakan sosok yang tepat, untuk bisa membawa Toyota berkembang ke arah yang lebih baik sebagai perusahaan mobilitas yang membantu para penggunanya.

Presiden Lexus dan GAZZOO Racing, Koji Sato, dipilih untuk menggantikan Akio Toyoda sebagai Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation (TMC).
global.toyota
Presiden Lexus dan GAZZOO Racing, Koji Sato, dipilih untuk menggantikan Akio Toyoda sebagai Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation (TMC).

Walaupun sudah melepaskan jabatan Presiden dan CEO, cucu dari pendiri Toyota ini akan terus mendukung Koji Sato dengan menjabat sebagai Chairman di TMC.

Posisi Chairman yang akan diemban Toyoda tersebut, sejatinya menggantikan Takeshi Uchiyamada yang akan mengundurkan diri pada April 2023 setelah 53 tahun berkarier di Toyota.

"Dalam rapat luar biasa yang dilakukan Dewan Direksi hari ini, diputuskan bahwa Ketua Takeshi Uchiyamada akan mengundurkan diri dari jabatannya pada April. Saya akan ditunjuk sebagai Ketua baru dan Koji Sato akan menjadi Presiden baru," tutur pria 66 tahun ini.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengungkapkan penghargaan saya yang paling mendalam. Terima kasih, Ketua, sungguh," pungkasnya.

Baca Juga: Toyota Kokoh Sebagai Merek Mobil Terlaris di Indonesia, Avanza dan Veloz Tampil Mendominasi Selama 2022

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa