Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polres Pasuruan Buat Program SIM Cak Bhabin, Permudah Warga Desa Dapat Pelatihan Ujian SIM

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 16 Januari 2023 | 17:30 WIB
Polres Pasuruan luncurkan layanan SIM Cak Bhabin, buat mengakomodir warga desa yang ingin latihan ujian SIM.
Surya.co.id/Galih Lintartika
Polres Pasuruan luncurkan layanan SIM Cak Bhabin, buat mengakomodir warga desa yang ingin latihan ujian SIM.

GridOto.com - Satlantas Polres Pasuruan, Jawa Timur sudah meluncurkan layanan pelatihan untuk ujian Surat Izin mengemudi (SIM), yang diberi nama SIM Cak Bhabin, pada Jumat (13/01/2023).

Dengan adanya layanan SIM Cak Bhabin, maka masyarakat desa bisa mendapatkan pelatihan mulai dari ujian teori hingga praktik SIM.

Peluncuran layanan SIM Cak Bhabin ini memang sengaja dilakukan, karena banyaknya permintaan dari masyarakat pelosok desa di Pasuruan terkait pelatihan SIM.

Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra mengatakan kalau banyak warga di pelosok desa yang sempat curhat kalau mereka juga ingin bisa lulus ujian SIM.

Sehingga ia membuat program tersebut, untuk mengakomodir para calon pemohon dari pelosok desa di wilayah Pasuruan yang ingin latihan dulu sebelum mengajukan pembuatan SIM.

Terlebih dalam program ini, segala fasilitas berupa lapangan praktik hingga materi ujian teori disediakan secara gratis.

"Khusus untuk materi ujian teori hanya cukup scan barcode nanti muncul modulnya, kebanyakan warga mengeluh kalau lokasi ujian praktiknya terlalu jauh," ujarnya, dikutip dari Surya.co.id, Jumat (13/01/2023).

Untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, maka layanan SIM Cak Bhabin akan dikerahkan untuk keliling hingga pelosok desa.

Artinya ada sejumlah anggota yang nantinya dikerahkan, guna memberikan pendampingan agar warga di pelosok desa bisa lulus ujian SIM.

"Semuanya gratis alias tidak dipungut biaya, silakan manfaatkan pelatihan ujian teori dan praktik yang disediakan," sambuh Yudhi.

Baca Juga: Alasan Korlantas Polri Jadikan Polres Cirebon Kota Jadi Pilot Project SIM CI

Lanjutnya, tahap awal program SIM Cak Bhabin melayani para warga yang ada di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo terlebih dahulu.

"Kami ingin memberikan pemahaman serta pelatihan ujian teori dan praktik, agar masyarakat bisa lebih mudah memahami proses pembuatan SIM," pungkas Yudhi.

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul SIM Cak Bhabin Inovasi Polres Pasuruan, Layani Masyarakat Hingga ke Pelosok Desa.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa