Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mending Honda HR-V atau Hyundai Creta? Ini Perbandingan Mesin, Fitur dan Harganya pada Januari 2023

Naufal Shafly - Kamis, 12 Januari 2023 | 19:15 WIB
Honda HR-V vs Hyundai Creta
Tim grafis GridOto.com
Honda HR-V vs Hyundai Creta

GridOto.com - Honda HR-V dan Hyundai Creta merupakan dua model, yang bisa dibilang merajai segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Compact di Indonesia.

Dibuktikan oleh data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), menunjukkan bahwa Honda HR-V dan Hyundai Creta mencatatkan distribusi dari pabrik ke dealer terbanyak di segmennya.

Selama periode Januari-November 2022 Honda HR-V laris sebanyak 23.292 unit, dengan catatan pada Januari dan Februari unit yang dijual masih merupakan model lama.

Dalam periode yang sama, Hyundai Creta coba menempel Honda HR-V dengan mencatatkan angka distribusi dari pabrik ke dealer sebanyak 15.594 unit.

Sebelum membahas harga jual dari kedua model tersebut, yuk kita kepoin sedikit mengenai spesifikasi dan fitur apa saja yang ditawarkan.

Ngomongin dapur pacunya, Honda HR-V dibekali pilihan mesin 1.497 cc Naturally Aspirated (N/A) untuk varian S, E dan SE yang diklaim memiliki tenaga 119 dk dan torsi 145 Nm.

Sedangkan HR-V RS yang didapuk sebagai varian tertinggi, dibekali mesin 1.498 cc turbo yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga 177 dk dan torsi 240 Nm.

Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh kedua pilihan mesin tersebut, sama-sama disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission).

Adapun Hyundai Creta dibekali mesin Smartstream berkapasitas 1.497 cc untuk semua variannya, diklaim mampu menghasilkan tenaga 115 dk dan torsi 144 Nm.

Baca Juga: Update Harga LMPV Januari 2023, Xpander Paling Mahal, Stargazer, Avanza dan Ertiga Berapaan? 

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Lanjut membahas soal fitur, baik HR-V maupun Creta sama-sama datang dengan fitur Advance Driving Assist System (ADAS) bernama Honda Sensing dan Hyundai SmartSense.

Namun, tidak semua Hyundai Creta sudah dilengkapi fitur canggih tersebut, melainkan baru tersedia di varian tertingginya yakni prime.

Sementara Honda Sensing sudah jadi fitur standar di seluruh varian HR-V.

Adapun fitur Honda Sensing pada HR-V terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC with LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification (LCDN), dan Auto High Beam (AHB).

Sedangkan fitur Hyundai Smartsense pada Creta meliputi Surround View Monitor, Blind-spot View Monitor (BVM), Blind-spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoindace Assist (RCCA), Safe Exit Assist (SEA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Lane Following Assist (LFA).

Buat sobat yang penasaran dengan harga Honda HR-V dan Hyundai Creta pada Januari 2023 ini, berikut tabel perbandingannya:

Honda HR-V:

Tipe Harga 
S CVT Rp 364.900.000
E CVT Rp 384.900.000
SE CVT Rp 405.100.000
Turbo RS Rp 515.900.000

Hyundai Creta:

Tipe Harga
Active MT Rp 288.000.000
Trend MT Rp 309.500.000
Trend IVT Rp 330.000.000
Style IVT Rp 372.000.000
Prime IVT Rp 404.000.000

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa