Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Berbagai Mitos Isi BBM yang Membuat Banyak Orang Salah Kaprah

Nana Triana - Senin, 9 Januari 2023 | 16:30 WIB
Banyak orang percaya akan mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat terkait pengisian BBM.
Dok. Freepik
Banyak orang percaya akan mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat terkait pengisian BBM.

GridOto.com - Mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bakar Bakar Umum (SPBU) menjadi salah satu aktivitas rutin pengguna kendaraan bermotor.

Namun, setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda saat mengisi BBM di SPBU. Kebiasaan tersebut tercipta karena adanya beberapa mitos terkait pengisian BBM. Salah satunya adalah jangan mengisi BBM di malam hari agar mendapat takaran lebih banyak.

Menurut mitos tersebut, BBM akan lebih mudah menguap pada siang hari karena terik matahari. Padahal, perbedaan suhu tidak akan memengaruhi volume BBM. Volume BBM yang didapat konsumen ketika konsumen memilih mengisi di malam atau siang hari akan relatif sama.

Selain mengisi BBM di malam hari, ada berbagai mitos lain yang berkembang di masyarakat terkait tentang pengisian bahan bakar di SPBU. Apa saja?

Baca Juga: Jangan Asal Gas, Ini 5 Tips Berkendara agar Sepeda Motor Makin Irit BBM

1. BBM bisa basi

Terdapat mitos bahwa BBM bisa menjadi basi ketika kendaraan tidak dioperasikan dalam jangka yang lama.

Sejatinya, bukan BBM yang menurun kualitasnya dan menjadi basi. Apabila kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu lama, uap air yang terbentuk di tangki bahan bakar dapat tercampur ke BBM sehingga kualitasnya menjadi tidak baik. 

Oleh sebab itu, jika harus meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya nyalakan mesin seminggu sekali untuk menghindari bensin mengalami penurunan kualitas akibat kondensasi.

2. Isi bensin sebelum habis

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa