Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Rusak dan Berlubang Suka Bikin Kaget, Pemotor Bisa Cegah Kecelakaan dengan Cara Ini

Harun Rasyid - Jumat, 6 Januari 2023 | 16:05 WIB
Ilustrasi jalan rusak dan berlubang
Rudy Hansend
Ilustrasi jalan rusak dan berlubang

GridOto.com - Saat musim hujan seperti sekarang ini, jalanan bisa rawan rusak hingga berlubang.

Maka dari itu pengendara perlu hati-hati saat memacu kendaraannya, sebab jalan rusak dan berlubang tergolong rawan kecelakaan.

Apalagi buat pengendara motor yang terbilang rentan hilang keseimbangan, ketika posisinya kurang siap saat melintasi jalan rusak dan berlubang.

Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), juga menyoroti masalah jalan rusak yang umumnya terjadi pada tipe perkerasan aspal.

"Saat musim hujan, genangan air dan sistem drainase yang tidak bekerja dengan baik bisa merusak fasilitas jalan. Hal ini ditambah dengan material jalan yang di bawah standar," ujar Sony saat dihubungi GridOto.com, Kamis (5/1/2023).

Sony mengatakan, hal tersebut bisa membuat aspal terkelupas dan banyak serpihan batu kerikil hingga pasir yang bertebaran di atas jalan.

Sehingga akan sangat membahayakan keselamatan pengendara yang kurang waspada.

"Serpihan-serpihan hingga lubang di jalan rusak ini bisa mengganjal roda kendaraan. Hal ini sangat berpengaruh bagi pengendara motor yang bisa mudah hilang keseimbangan dan jatuh," jelasnya.

"Selain itu pengendara juga bisa kurang waspada, misalnya di suatu jalan yang biasanya mulus tapi kondisinya sekarang rusak. Ini bisa bikin kaget, apalagi ketika tertutup genangan air," sambung Sony.

Baca Juga: Jalan Rusak Habis Banjir Bikin Mobil Gelodakan, Cek Bagian Ini

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa