Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Touring Sambil Bikin Video Dokumenter Bisa Jadi Kegiatan Menarik, Tapi Persiapkan Dulu Hal Ini

Harun Rasyid - Kamis, 5 Januari 2023 | 19:55 WIB
Ilustrasi touring bisa sambil bikin karya video dokumenter
Billy Riestianto / GridOto.com
Ilustrasi touring bisa sambil bikin karya video dokumenter

GridOto.com - Aktivitas touring dengan segala pemandangan hingga momen yang ditemui, tampaknya akan lebih menarik jika diabadikan lewat video.

Sebab video dokumentasi perjalanan bisa menjadi kenang-kenangan bahkan suatu karya yang bermanfaat bagi sesama penghobi touring.

Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, video dokumentasi berupa dokumenter bisa saja ditonton banyak orang lewat berbagai platform digital semisal Youtube atau Instagram.

Nah, bagi sobat yang ingin touring dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil video dokumentasinya bisa maksimal.

Bonfilio Yosafat, selaku Founder Nusantara Documentary mengatakan, konsep atau tema video dokumenter sebaiknya perlu ditentukan sebelum sobat pergi menempuh perjalanan.

"Langkah pertama yaitu menentukan ide, konsep dan tema dokumenternya. Misalnya beberapa waktu lalu kami mengangkat konsep soal budaya Keris Bali di berbagai daerah di Bali," ujarnya dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

Ilustrasi perjalanan pembuatan video dokumenter budaya dari Royal Enfield dan Nusantara Documentary.
Instagram.com/bonfilioyosafat
Ilustrasi perjalanan pembuatan video dokumenter budaya dari Royal Enfield dan Nusantara Documentary.

Jika ingin mengangkat tema soal daerah yang ingin dituju secara detail, ada baiknya pengendara menemui beberapa narasumber yang bisa menguatkan informasi di dalam video.

"Ketika di lokasi tujuan, kami mencari beberapa narasumber untuk memperoleh informasi dan narasi soal konsep yang telah ditentukan," kata Pria yang akrab disapa Bonbon tersebut.

Lebih lanjut menurut Bonbon, narasi yang disampaikan narasumber akan memunculkan ide-ide menarik yang berkaitan dengan konsep video.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa