Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Berlubang Makan Korban, Ini yang Harus Diperhatikan Pengendara Motor Agar Aman

Wisnu Andebar - Rabu, 4 Januari 2023 | 11:01 WIB
Ilustrasi jalan berlubang
Tribun Jateng/Budi Susanto
Ilustrasi jalan berlubang

GridOto.com - Memasuki musim penghujan, biasanya menyebabkan jalan menjadi rusak dan berlubang sehingga membahayakan pengendara yang melintas, terutama bagi pengguna motor.

Seperti yang belum lama ini terjadi, seorang pengendara motor meninggal dunia setelah menghindari jalan berlubang di Fly Over Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Senin (2/1/2023) lalu.

Supaya pengendara motor tetap aman, sobat perlu mengetahui cara berkendara saat melewati jalan yang rusak atau berlubang.

Instruktur Safety Riding & Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), Andry Berlianto mengatakan agar pengendara berhati-hati ketika melintas di jalan yang rusak dengan cara mengurangi kecepatan kendaraan.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera mengurangi kecepatan saat melihat ada jalan berlubang atau genangan air di depan," ujar Andry kepada GridOto.com, Selasa (3/1/2023).

Hal ini dimaksudkan agar mengurangi dampak yang terjadi apabila tidak sengaja menghantam jalan yang berlubang.

Setelah kecepatan sudah dikurangi, sobat dapat memerhatikan kendaraan di depan agar bisa memetakan sisi mana yang aman untuk dilalui.

"Genggam setang motor dengan baik, agar jika terjadi guncangan kendaraan bisa dikuasai dengan maksimal," paparnya.

Andry juga menyarankan, agar para pengendara motor memahami rute-rute jalan yang biasanya terdapat lubang.

Baca Juga: Hindari Jalan Berlubang, Pemotor Tewas Mengenaskan di Fly Over Cempaka Mas

"Harusnya ini bisa dihafal atau dikuasai jika rute tersebut adalah rute harian, guna meminimalisir terjadinya kecelakaan," jelas Andry.

Selain itu, ia mengimbau untuk tidak terburu-buru ketika menerobos jalan yang rusak agar tidak merusak komponen yang ada di kendaraan.

"Tidak terburu-buru karena akan menguras kerja suspensi meskipun suspensi standar cukup baik dalam melahap jalan rusak," pungkasnya.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa