Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Transmisi Matic Honda Jazz GE8 Memang Tidak Penyakitan, Tapi Perawatan Ini Jangan Kelupaan

Harun Rasyid - Minggu, 25 Desember 2022 | 20:05 WIB
Tampilan masih kekinian dan sporty, Honda Jazz GE8 punya transmisi matic yang dinilai bandel oleh bengkel spesialis. Begini anjuran perawatannya.
Dok. OTOMOTIF
Tampilan masih kekinian dan sporty, Honda Jazz GE8 punya transmisi matic yang dinilai bandel oleh bengkel spesialis. Begini anjuran perawatannya.

GridOto.com - Honda Jazz lansiran 2008-2013 bisa dimiliki dengan dana mulai Rp 90 jutaan hingga Rp 160 jutaan tergantung kondisinya.

Honda Jazz dengan kode bodi GE8 ini, memiliki varian transmisi manual 5-percepatan dan matik 5-percepatan.

Khusus Honda Jazz GE8 tipe RS (Road Sailing), sudah dilengkapi fitur paddle shift yang memungkinkan pengemudi memindahkan transmisi melalui tombol yang tersemat di bagian kemudinya.

Bagi sobat yang berminat meminang Honda Jazz GE8 bertransmisi matic, ada baiknya mengetahui anjuran perawatan rutinnya meskipun transmisinya disebut minim masalah.

Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Depok mengatakan, matic Honda Jazz generasi kedua ini terbilang lebih bandel dari jenis matic CVT seperti yang digunakan Jazz generasi ketiga.

"Transmisi matic Honda Jazz GE8 ini masih matic konvensional, tapi malah lebih bandel dari jenis CVT. Sampai sekarang matic Jazz GE8 juga jarang yang bermasalah asalkan rutin perawatannya," ujar Tri kepada GridOto.com, Sabtu (24/12/2022).

Untuk perawatan matic Honda Jazz GE8, dianjurkan rutin diganti oli setiap interval 20.000 kilometer.

Sebab usia rival Toyota Yaris ini sudah tak lagi muda yaitu 9 sampai 13 tahun.

"Ganti oli matic Jazz GE8 maksimal per 20 ribu  kilometer, kalau mobil baru mungkin maksimal bisa per 40 ribu kilometer. Tapi menurut saya itu kurang sesuai dan kelamaan buat Honda Jazz gen dua ini," ungkap Tri.

Baca Juga: Seken Keren - Honda Jazz GE8 Masih Layak Dipinang, Penyakit Wajar Karena Usia dengan Perbaikan Mulai Rp 250 Ribuan

Tri menyebut, anjuran ganti oli matic Honda Jazz GE8 per 20 ribu kilometer (km) ini demi memperpanjang usia pakai hingga mencegah kerusakan komponen di dalam transmisinya.

"Ganti oli matic per 20 ribu km ini untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan, mencegah menumpuknya kotoran di dalam transmisi yang bisa mengganggu performa perpindahan transmisi atau selip. Selama ini kalau olinya rutin diganti akan awet," jelasnya.

Transmisi matic Honda Jazz GE8
Dok.OTOMOTIF
Transmisi matic Honda Jazz GE8

Tri menambahkan, pihaknya biasa memakai oli matic dengan spek ATF-Z1 untuk Honda Jazz Ge8 sebanyak tiga liter.

Harga oli matic tersebut Rp 390 ribu di bengkel Honda Clinic Pradana.

 

Honda Clinic Pradana

Jl. Muhtar No.86, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Telp: 08128640286

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa