Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selain Tanpa Tim Satelit, Yamaha Juga Nekat Pakai Mesin Paling Beda Sendiri di Grid MotoGP

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 15 Desember 2022 | 20:30 WIB
Yamaha masih akan memakai mesin inline 4  di MotoGP
MotoGP.com
Yamaha masih akan memakai mesin inline 4 di MotoGP

GridOto.com - Selain satu-satunya pabrikan tanpa tim satelit, Yamaha akan memakai mesin motor paling berbeda sendiri di MotoGP 2023.

Setelah mundurnya Suzuki dari grid, Yamaha kini menjadi satu-satunya pabrikan yang memakai konfigurasi mesin inline 4 di MotoGP.

Itu karena pabrikan lainnya di MotoGP yakni Ducati, KTM, Aprilia dan Honda memakai konfigurasi mesin V4.

Yamaha sebenarnya sempat dirumorkan memikirkan ide transisi ke mesin V4 di masa depan, demi menambal ketertinggalan power mesin dari pabrikan lain.

Lin Jarvis pun membujuk Yamaha Jepang untuk berkolaborasi dengan insinyur Eropa, demi mengembangkan motor yang lebih kuat lagi karena tingginya level persaingan di MotoGP saat ini.

"Kami tahu harus mengubah pendekatan dalam desain mesin dan pengembangan di masa depan," kata Jarvis dilansir GridOto.com dari Speedweek.

"Awalnya kami mencoba mengontrak Luca Marmorini dan tim insinyur Italia. Kami mengubah organisasi kami di Jepang dengan menggabungkannya bersama insinyur Italia, tujuannya untuk membuat langkah besar demi tahun depan," jelasnya.

Namun untuk waktu dekat, hijrah ke V4 bukan opsi terbaik bagi Yamaha.

Hal itu juga disepakati Luca Marmorini yang merupakan mantan insinyur F1 Ferrari dan Toyota, yang dipercaya Jarvis untuk membantu pengembangan YZR-M1.

"Hal pertama yang perlu adalah kami harus memahami di mana posisi kami berdiri. Karena paketnya sudah berada di level yang sangat tinggi. Kedua di kejuaraan dan kami sudah memimpin sepanjang musim," lanjut Jarvis.

Editor : Dida Argadea
Sumber : Speedweek.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa