Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

3 Tips Memilih BBM agar Tetap Irit dan Mesin Bertenaga  

Nana Triana - Senin, 5 Desember 2022 | 18:31 WIB
Ilustrasi seseorang isi bahan bakar minyak (BBM).
Dok. Freepick
Ilustrasi seseorang isi bahan bakar minyak (BBM).

GridOto.com – Tak sedikit pemilik kendaraan yang masih sembarangan dalam memilih bahan bakar minyak (BBM). Padahal, penggunaan BBM sangat memengaruhi kondisi mesin.

Penggunaan BBM yang tepat membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal tersebut membuat performa mesin jadi lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih irit, dan umur mesin jadi lebih panjang.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya tidak tergiur BBM dengan harga yang murah saja, melainkan tetap harus memperhatikan kualitas dan kesesuaian BBM dengan spesifikasi kendaraan.

Lantas, bagaimana cara memilih BBM sesuai spesifikasi kendaraan agar performa mesin tetap terjaga? Berikut ulasannya.

  1. Sesuaikan dengan jenis mesin kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dahulu mesin yang kendaraan Anda di Indonesia, umumnya terdapat dua jenis mesin pada kendaraan, yaitu diesel dan bensin.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Beberapa Faktor yang Bisa Bikin Kendaraan Boros BBM!  

Mesin kendaraan diesel biasanya digunakan pada kendaraan besar, seperti truk dan bus. Selain itu, ada beberapa jenis mobil sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) yang juga menggunakan mesin diesel.

Biasanya, mesin diesel mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Selain itu, mesin diesel rata-rata sudah dilengkapi dengan turbo untuk mendongkrak tenaga.

Ada perbedaan signifikan antara jenis mesin kendaraan diesel dan bensin. Pada mesin diesel, titik nyala api lebih tinggi dibandingkan mesin kendaraan bensin.

Mesin diesel juga wajib diisi menggunakan jenis BBM khusus diesel. Di Indonesia, BBM untuk jenis mesin diesel ada beberapa pilihan, seperti Pertamina Dex atau Dexlite. Sedangkan, untuk mesin kendaraan bensin, dapat diisi BBM jenis Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo.

Baca Juga: Apa Itu RON? Pahami Dulu Sebelum Memilih Bensin untuk Kendaraan

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa