Advertorial

Wajib Tahu, Ini Beberapa Faktor yang Bisa Bikin Kendaraan Boros BBM!  

Nana Triana - Jumat, 2 Desember 2022 | 13:55 WIB
Ilustrasi Indikator bensin.
Dok. Shutterstock.com
Ilustrasi Indikator bensin.

GridOto.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi hal yang penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Pasalnya, konsumsi bahan bakar berpengaruh pada biaya operasional harian.

Berbagai macam cara kerap dilakukan untuk mencegah membengkaknya pengeluaran untuk BBM. Biasanya, untuk mengakali konsumsi BBM agar lebih irit, pemilik kendaraan menggunakan zat aditif.

Padahal, cara tersebut justru menimbulkan berbagai efek negatif terhadap mesin kendaraan. Sebab, bukan tidak mungkin penambahan tersebut justru bisa menurunkan performa mesin. 

Sebenarnya, jika Anda mau meluangkan waktu untuk memeriksa dan mengganti beberapa komponen mesin, pengiritan BBM bisa dilakukan. Terlebih, Anda yang memiliki kendaraan dengan umur di atas 3 tahun. Risiko keausan komponen yang membuat BBM ikut cepat terkuras pun kian tinggi.

Baca Juga: Mulai Terjangkau, Segini Biaya Ubah Kunci Motor Biasa Jadi Keyless

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang bisa membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Berikut ini 5 hal yang dapat menyebabkan konsumsi BBM jadi lebih boros.

  1. Tekanan angin ban

Mengecek tekanan angin merupakan pekerjaan mudah, tapi banyak pemilik kendaraan yang malas melakukannya secara berkala. Padahal, menjalankan mobil dengan tekanan angin ban yang kurang memiliki beberapa konsekuensi.

Selain membuat konsumsi BBM jadi lebih boros, ban bertekanan di bawah rekomendasi bisa menyebabkan pecah ban.

  1. Filter udara kotor

Filter udara sebagai salah satu komponen penting pada kendaraan perlu dibersihkan secara rutin. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara agar bebas dari kotoran serta debu agar tidak masuk ke ruang pembakaran.

Dalam jangka waktu pemakaian yang lama, kotoran yang tidak dibersihkan akan menumpuk di permukaan filter dan mengakibatkan aliran udara pun menjadi terhambat.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa