Museum Transportasi TMII Kini Punya Wajah Baru, Pajang Koleksi Kendaraan Listrik

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 26 November 2022 | 12:05 WIB
Museum Transportasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini kini memiliki koleksi kendaraan listrik.
Dok.Kemenhub
Museum Transportasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini kini memiliki koleksi kendaraan listrik.

GridOto.com - Museum Transportasi yang berada di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, kini memiliki wajah baru yang lebih modern setelah dilakukan revitaliasi.

Museum Transportasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu kini memiliki koleksi kendaraan listrik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik Youngtack Lee, hadir membuka pusat pameran kendaraan masa depan di Museum Transportasi yang diberi nama "Hyundai Mobility Exhibition Center".
 
Pada kesempatan ini, dilakukan serah terima satu unit mobil listrik IONIQ 5 pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada peresmian pabrik Hyundai di Cikarang pada Maret 2022 lalu.
 
"Apa yang dilakukan ini sejalan dengan upaya yang tengah dilakukan pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia," ujar Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/11/2022).

Menurut Menhub, kehadiran kendaraan listrik di Museum Transportasi menjadi salah satu komitmen pemerintah bersama dengan pelaku industri otomotif mewujudkan transisi energi.
 
"Kami ingin memberikan nilai tambah dan menjadikan Museum Transportasi sebagai salah satu sarana edukasi kepada masyarakat tentang kendaraan listrik. Sehingga dapat menjadi sarana edutainment," jelas Menhub.
 
Pada kesempatan yang sama, Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik, Youngtack Lee menjelaskan, Indonesia adalah pusat dari strategi mobilitas masa depan Hyundai Motor.

Ia menambahkan, pusat pameran ini akan semakin mendukung Indonesia untuk memainkan peran penting dalam lanskap global, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Selamat, Menhub Budi Karya Sumadi Raih Katagori Kontribusi Untuk Negeri di GridOto Award 2022
 
"Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi fondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia." ucapnya.
 
Menurutnya, kerja sama ini menunjukkan komitmen Hyundai yang tidak hanya terbatas sebagai penyedia kendaraan, tetapi juga membangun teknologi masa depan untuk mobilitas yang bersih.

Museum Transportasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini kini memiliki koleksi kendaraan listrik.
Dok.Kemenhub
Museum Transportasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini kini memiliki koleksi kendaraan listrik.

 
Seperti diketahui, bersamaan dengan revitalisasi kawasan TMII yang dilakukan pemerintah, Kemenhub juga melakukan revitalisasi Museum Transportasi seluas 6,25 hektare yang dimulai sejak April 2022.

Revitalisasi Museum Transportasi telah rampung pada November 2022 ini dan sekarang museum ini lebih atraktif, inovatif, informatif dan edukatif.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa