Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Pabrik DFSK di Banten Siap Produksi Kendaraan Listrik, Harga Bakal Lebih Murah?

Harun Rasyid - Jumat, 18 November 2022 | 20:40 WIB
Pabrik DFSK di Cikande, Banten siap produksi kendaraan listrik.
Dok. DFSK
Pabrik DFSK di Cikande, Banten siap produksi kendaraan listrik.

GridOto.com - PT Sokonindo Automobile (DFSK) menyatakan siap memproduksi kendaraan listrik di pabriknya yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten.

Dalam keterangan resminya, DFSK telah merancang fasilitas produksinya agar mampu memenuhi permintaan kendaraan listrik maupun kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) untuk konsumen di dalam dan luar negeri.

Achmad Rofiqi, Marketing Head DFSK mengatakan, fasilitas produksi kendaraan listrik sudah menjadi salah satu agenda pihaknya untuk menghasilkan mobil yang diinginkan para konsumen.

“Perlahan kami akan terus mempersiapkan kendaraan listrik," ujar Rofiqi dalam rilis resmi DFSK, Jumat (18/11/2022).

"Teknologi kendaraan listrik sudah menjadi DNA DFSK karena pusat R&D yang dimiliki, sudah sejak lama mengembangkan dan menghasilkan berbagai kendaraan yang dibutuhkan konsumen di seluruh dunia," imbuhnya.

Lanjut menurut Rofiqi, pabrik yang berdiri sejak 2017  ini diharapkan mampu memenuhi permintaan kendaraan listrik dari produsen mobil asal Cina tersebut. 

"Kini DFSK sudah memiliki modal besar dalam hal produksi kendaraan listrik, yakni pabrik di Cikande dan diharapkan bisa segera menghasilkan kendaraan-kendaraan yang diinginkan konsumen,” ungkapnya.

Sekadar informasi, pabrik DFSK di Banten memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun dan juga sudah didukung teknologi robotik.

Teknologi robotik untuk proses produksi tersebut diklaim sudah mencapai 90 persen, sehingga dianggap mampu mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) di pabrik DFSK.

Berikutnya, pabrik DFSK juga sudah diproyeksikan untuk melahirkan produk mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Mobil Listrik Bakal Makin Banyak, MG Motor Kasih Sinyal Hadirkan MG4 EV ke Indonesia

Rofiqi menilai, langkah tersebut sejalan dengan rencana pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Di samping itu, manfaat fasilitas produksi tersebut dijanjikan akan membuat harga mobil listrik DFSK jadi lebih terjangkau.

"Pemanfaatan fasilitas perakitan DFSK di Cikande akan membuat harga jual kendaraan listrik kami lebih terjangkau dari sebelumnya. Selain itu, penggunaan komponen lokal untuk meningkatkan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) juga akan memberikan stimulus bagi industri pendukung otomotif," kata Rofiqi.

DFSK Mini EV di GIIAS 2022.
Rayhan Haikal/GridOto.com
DFSK Mini EV di GIIAS 2022.

Sebagai informasi, PT Sokonindo Automobile telah memiliki satu model mobil listrik yakni DFSK Gelora E dengan varian Blind Van yang ditawarkan Rp 484 juta serta varian Mini Bus dengan harga Rp 582,1 juta on the road Jakarta.

Selain itu, DFSK Mini EV juga digadang-gadang menjadi calon mobil listrik baru DFSK yang kabarnya bakal meluncur pada 2023 di Tanah Air.

Berdasarkan rumor yang beredar, harga DFSK Mini EV diestimasikan bakal dijual di bawah Rp 220 juta.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : tribunnews.com,dfskmotors.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa