Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Kijang Innova Zenix

Dari Indonesia untuk Dunia, Toyota Innova Zenix Made in Karawang Akan Diekspor ke Beberapa Negara, Segini Jumlahnya

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 25 November 2022 | 13:05 WIB
Enggak cuma jago kandang, Toyota Innova Zenix buatan Karawang akan diekspor ke belasan negara di seluruh dunia, segini jumlahnya.
Pradana
Enggak cuma jago kandang, Toyota Innova Zenix buatan Karawang akan diekspor ke belasan negara di seluruh dunia, segini jumlahnya.

GridOto.com - Toyota Kijang Innova Zenix membawa banyak perubahan besar jika dibandingkan para pendahulunya, seperti penggunaan sasis monokok dan sistem penggerak depan atau FWD.

Serta tentu saja, sistem hybrid Toyota generasi kelima yang turut disematkan untuk pertama kalinya pada Innova Zenix.

Tapi, satu hal yang tidak berubah adalah fakta bahwa Innova Zenix buatan pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat juga akan diekspor ke luar negeri.

Seperti disebutkan oleh Hao Quoc Tien, selaku Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President Toyota Motor Asia Pacific.

"Terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungannya terutama untuk mobil hybrid," ucapnya dalam acara seremoni di Karawang, Senin (21/11/2022) lalu.

"Kami percaya bisa meningkatkan skala (produksi) model elektrifikasi kami untuk pasar Indonesia dan untuk ekspor," imbuhnya.

Di Plant 1 Karawang milik TMMIN, Innova Zenix memiliki 'jatah' lini produksi 5.000 hingga 6.000 unit per bulannya.

Berdasarkan keterangan Direktur Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, bahwa setengah dari alokasi tersebut adalah khusus untuk eskpor.

"Biasa lah, 50 persen dari 5.000-6.000 total produksi itu setengahnya untuk ekspor," ucapnya kepada GridOto.com dalam kesempatan terpisah, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Ditargetkan Mampu Terjual Ribuan Unit Tiap Bulan, Toyota Optimis Kijang Innova Zenix Varian Hybrid Lebih Laku

Sehingga bisa dibilang kalau TMMIN akan mengekspor 2.000 hingga 3.000 unit Toyota Innova Zenix untuk ekspor perbulannya.

Toyota Innova Zenix sendiri nantinya akan diekspor ke 13 negara di Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah, dan Asia khususnya Asia Tenggara.

"Untuk ekspor dimulai tahun depan dari negara-negara Asia Tenggara, tapi nantinya akan ada tambahan ke Afrika," tutup Bob.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa